[Review Lagu] Friends by V and Jimin BTS Part 1 -->

[Review Lagu] Friends by V and Jimin BTS Part 1

FRIENDS

Bon Voyage Season 4

P.s: gue panggil V di sini Taehyung aja yak...udah kebiasaan panggilnya Taehyung (widiw...haha)

Chinggudeul, gue seneng banget karena hari yang gue tunggu-tunggu akhirnya dateng juga. Hari di mana gue bisa nge-review lagu friends yang dinyanyiin Taehyung sama Jimin. Seriously, "friends" ini jadi lagu pertama yang gue suka di album MOTS: 7. Karena musiknya menurut gue easy listening.

You can listen to Jimin and Taehyung's song here,
Dan setelah gue cari tau, ternyata genre musiknya adalah pop-rock dengan sentuhan calypso beat. Nah, calypso ini adalah gaya bermusik para musisi Afrika-Karibia yang berasal dari Trinidad dan Tobago. Di mana, gaya musik itu lahir di pertengahan abad ke-20. Kemudian meluas ke Karibia Antilles dan Venezuela. Di lagu ini, sentuhan calypso sendiri kerasa banget di bait pertama.
Liriknya juga nggak bikin pusing, ringan tanpa teori apapun...hehe. Liriknya tuh kalo bisa gue bilang jujur banget. Ya beneran apa adanya apa yang mereka berdua rasain. 

Pertama kali denger, gue kira tuh mereka berdua yang bikin lagu + nulis liriknya, kolaborasi gitu. Tapi ternyata, Taehyung sama sekali nggak terlibat dalam pembuatannya, entah nulis lirik ataupun bikin melodinya. 

Dan yang terlibat di lagu ini cuma Jimin. Mungkin Jimin ciptain lagu ini buat bales lagu yang dibikin Tehyung buat dia dulu, 4 O'Clock



Oya chinggudeul, lagu Friends ini menurut gue emang spesial banget buat keduanya. Secara kan, mereka emang lahir di tahun yang sama, tahun 1995. Terus jadi trainee di Big Hit juga bareng. Ya meskipun beda tahun masuknya sih. Taehyung jadi trainee tahun 2011, sedangkan Jimin tahun 2012. Selama jadi trainee, keduanya juga bersekolah di tempat yang sama, yaitu di Korea Arts High School. 

Terus lagu ini menurut gue udah kayak alarm aja gitu. Pengingat akan kenangan-kenangan yang pernah mereka berdua lalui. Entah itu kenangan manis, menyedihkan, atau bahkan memalukan sekalipun. Selain itu, lagu ini gue rasa juga jadi kado terindah buat 7 tahun persahabatan mereka.

Anyway, nggak usah lama-lama lagi. Gue langsung aja bedah liriknya.

1. Pertemuan pertama tak terlupakan, hingga akhirnya menjadi sahabat yang saling mengerti.


[Verse 1: Jimin, Taehyung]
Seoul that used to be so unusually sparkling
Was another new world to me
I met you when you were clammy with sweat
A somewhat strange kid
Me from the moon, you from the stars
Our conversations were like homework
BFF's on one day, enemies on another
I just wanna understand 

Seperti yang kita tau, lirik pertama lagu ini dinyanyikan oleh Jimin. Di mana dia bilang kalau lagi ada di Seoul. Tempat yang menurut dia masih asing. Terus di lanjutin sama Taehyung, kalau di situlah awal pertemuan dia sama Jimin. Kata Taehyung juga, Jimin itu aneh dan penuh dengan keringat.

Arti lirik lagu Friends Jimin dan Taehyung BTS
Jimin and Taehyung

Terus lanjut ke lirik berikutnya. Mereka berdua bilang kalau datang dari arah yang berbeda, "me from the moon, you from the stars". Seperti yang kita tau, keduanya memang berasal dari daerah yang berbeda. Jimin berasal dari Busan, sedangkan Taehyung berasal dari Daegu.

Lanjut lagi ke lirik selanjutnya. Mereka bilang kalo percakapan mereka udah kayak PR. Alias susah banget sebenernya buat nyambung, udah kayak PR kan? susah-susah gampang -_- 


Jadi dalam sehari mereka berdua bisa berteman, besoknya udah jadi musuh. Tapi akhirnya, mereka coba buat saling ngerti. Dari sini, udah bisa ngerasain kan kalau liriknya emang ringan banget. Kayak orang yang lagi cerita aja gitu...

2. Kita bisa lho menjalin persahabatan meskipun punya karakter yang berbeda sama sahabat kita!


[Pre-Chorus: Jimin]
Hello, my alien
We are each other's mystery (Yeah, yeah)
Is that why it's even more special (Oh)


Lirik ini ngegambarin Taehyung banget sih... haha. Secara kan Taehyung emang biasa dipanggil alien. Dari awal debut, udah disematkan julukan itu buat dia. Mungkin karena wajahnya yang ganteng banget, seolah-olah kayak dari planet lain. 


Dan juga, karakter dia yang agak berbeda. I mean, Taehyung tuh kadang melakukan sesuatu yang unik dan out of the box. Dia bisa ketawa ngakak, di saat yang lain biasa aja. Dan dia bisa sedih banget, di saat yang lain nggak begitu sedih. Pokonya ajaib lah aliennya Army satu ini. Wkwk...

Saking ajaibnya, Taehyung masih sempat-sempatnya memvideokan tingkah Jimin yang lagi mabuk, pas mereka berdua mencoba untuk berdamai dengan pergi minum bareng (insiden mandu). Taehyung bahkan sampai saat ini masih menyimpan video itu. Video dimana Jimin terlihat sempoyongan sambil berbicara padanya, "Taehyung-ah, ini nggak bener, kamu nggak boleh begini." (kepo deh gue sama videonya, haha)
*Lihat akhir video, di situ Jimin reka ulang pas lagi mabuk sambil manggil-manggil Taehyung

Kamu pasti punya kan temen sejenis Taehyung ini? temen yang tetep iseng ngerekam momen-momen aneh yang ada di depan dia. Padahal suasana hatinya lagi nggak baik alias lagi marah.  

Balik lagi ke liriknya, sifat dasar manusia kan emang udah beda-beda ya. Di sini Jimin bilang kalau "kita itu udah kayak misteri". Ya maybe karena sifat mereka berdua sebenarnya bertolak belakang, tapi entah kenapa bisa menjalin persahabatan sampai sekarang. Dan hal itu menurut Jimin kayak jadi misteri aja gitu, nggak terduga. Makanya, persahabatan mereka juga terasa jauh lebih spesial.


Gue sendiri kalo lihat VMIN (Taehyung dan Jimin) tuh suka cengar-cengir sendiri...hehe. Meskipun ada beberapa perbedaan sikap, tapi secara bahasa cinta, mereka lumayan cocok. Makanya nggak heran, kalau mereka bisa sahabatan lama dan bisa saling ngerti. 


Kalian bisa paham sama apa yang gue tulis di atas kalo udah baca penjelasan tentang bahasa cinta itu di sini.


3. Sebuah kejadian bisa mendewasakan seseorang.


[Verse 2: Taehyung, Jimin]
I remember our uniforms
Our memories are movies
The dumpling incident is a comedy movie yeah, ayy, yeah, ayy

Udah gue bilang kan di awal, kalau yang namanya kenangan tuh macem-macem. Nah, insiden dumpling alias mandu ini super duper gemesss, ceritanya udah kayak film-film gitu. Menurut gue sih insiden mandu ini akan terus menjadi legenda, buat army dan mereka berdua. Buktinya aja sampe dijadiin lirik lagu. Di bawah ini gue kasih video tentang insiden mandu menurut versi Jimin dan Taehyung.


Dari sisi Jimin, dia bilangnya "latihan dulu aja, sebentar ini. Kita latihan dulu baru makan. Nggak enak sama yang lain juga, masak mau makan duluan." Sedangkan Taehyung yang lagi capek habis syuting, akhirnya baper dan dia juga udah gigit mandunya. Taehyung tuh maunya makannya di selesein dulu, atau makan sambil latihan. 

Karena perang argumen itu, akhirnya mereka berdua disuruh keluar ruangan sama member lain. Eh pas di luar, mereka lanjut berantem. Jimin bilang, "Coba kalo kamu dengerin aku, kita nggak bakalan berantem kayak gini." Terus Taehyung jawab lagi, "Nggak...nggak, bukan gitu. Perkataanmu itu jahat, harusnya seperti ini...."


Dan mereka terus bertengkar. Sampai akhirnya, mereka berbaikan dan minum bersama. Entah berapa lama waktu yang mereka lalui untuk bisa mencapai kata damai itu...haha. Taehyung juga sempat menjelaskan tentang insiden mandu ini di weverse.   


Mandu incident Jimin and Taehyung

Kalau gue sih lebih seru dengerin cerita yang versi Jimin ya. Soalnya dia kayak malu-malu gitu ceritanya... kayak "gue dulu ngapain sih bertengkar gara-gara mandu." Terus Jimin juga ceritanya heboh banget. 


Kalo Taehyung ceritanya lebih kalem dan penuh kejujuran. Cerita versi keduanya sebenernya mirip, tapi ada satu yang beda. Perbedaan itulah yang akhirnya bikin gue bilang kalau cerita Taehyung penuh kejujuran. 

Kenapa gue bilang penuh kejujuran? ya karena menurut gue, insiden mandu sendiri bukan insiden sederhana, ya intinya mereka berdua bertengkar hebat. Sampe seluruh member tau kejadian itu. Nah, cerita Taehyung tuh lebih masuk di akal gue. Dia kan bilang kalau marahan sama Jimin sampai dua hari. 


Sedangkan Jimin bilangnya cuma marahan sekitar enam jam doang. Jimin ceritanya kayak dikurang-kurangin gitu. Mungkin biar nggak kelihatan berantem hebat. Padahal kalau dari sisi Taehyung, omongan Jimin ke dia tuh pas masa itu nyakitin banget. Jadi nggak mungkin kan kalau beberapa jam udah akur lagi.


Ya, meskipun di akhir video, Jimin juga nambahin lagi kalau mereka sebenernya marahan hampir dua minggu. Bahkan tiap kali latihan, mereka berdua sering salah-salahan. Jimin juga inget banget, pas marahan itu dia lagi diet, eh Taehyung malah sengaja gitu makan di depan dia...(i'm so done with them, tapi lucu banget haha).


Terus kalo gue pikir-pikir lagi, 95 line ini emang yang paling sering berantem. Paling rentan ngambek dibanding member lain. Mungkin karena seumuran kali ya. 


Lanjutan reviewnya bakal gue post di [Song Review] Friends by V and Jimin BTS Part 2

8 Comments

  1. Kesukaanku! Aku suka banget lihat mereka berdua kalau lagi bareng, persahabatannya itu lho, kelihatan banget saling care dan kayak nggak bisa lepas satu sama lain 😂
    Kalau nonton Bon Voyage yang terakhir itu, kelihatan banget Jimin care sama V. Gemass 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget.
      Pas V agak sakit trus Jimin ambilin makanan itu sih yang aku inget 😆

      Trus Jimin juga sering banget muji Tae. Lucu banget lah pokoknya mereka berdua 😙😆

      Delete
    2. Aku inget pas bagian Jimin bantu pijitin V itu 😆

      Yaampun, aku jadi ingin bersahabat juga dengan mereka huahahaha #halu

      Delete
    3. Oh iya yang V habis berkuda itu, ya? 😅

      Semua Army kayaknya gitu, pengin sahabatan sama mereka. Suka bikin envy soalnya wkwk..

      Delete
    4. Betul! Wah kamu inget juga! Ingetannya cukup kuat ya 😆

      Wkwk bener, bikin envy memang. Kalau jadi pacar kan nggak mungkin, paling nggak, bisa jadi sahabatnya aja lah, waalupun nggak mungkin juga 😂

      Delete
    5. Wkwk..ngakak.
      Kehaluan ini janganlah cepat berlalu *bernada* 🎤😝

      Delete
    6. Bahkan tanpa ditulis "bernada"pun, aku bacanya sambil nyanyi dah! Wkwkwk

      Halu parah, udah ah nggak mau main sama kamu lagi *lho* *kaborr* 😜

      Delete

About | Contact Us | Privacy Policy | Disclaimer | Sitemap