TinyTAN, Karakter Chibi BTS Terbaru dari Big Hit yang Bikin Army Gemas! -->

TinyTAN, Karakter Chibi BTS Terbaru dari Big Hit yang Bikin Army Gemas!

TinyTAN BTS, Karakter Chibi BTS 2020
Annyeong... We are TinyTAN!


Chinggudeul Annyeong!👋≧◉ᴥ◉≦

Hari ini gue bakalan bahas sesuatu yang masih berhubungan sama BTS. Kamu pasti tahu deh setelah lihat gambar di atas. Yup! Gue bakalan bahas TinyTAN, karakter/boneka chibi terbaru dari Big Hit.

Big Hit Entertainment, agensi dimana BTS bernaung memang sedang gencar-gencarnya berinovasi dan mengembangkan sayap di bidang-bidang lain, seperti games, aplikasi, sampai karakter chibi BTS.

Karena BTS lagi naik daun, hampir setiap ada brand atau produk baru yang dirilis selalu booming. Nggak hanya itu, setiap BTS jadi brand ambassador suatu produk, pasti bakalan langsung sold out deh. The power of BTS!
Branding mereka emang udah kuat banget. Hmmm... gue yakin TinyTAN yang dirilis 30 Juli 2020 ini bakalan booming dan sold out juga.

Gue sebenarnya udah tahu tentang TinyTAN lumayan lama. Mungkin barengan sama rumor grup baru Big Hit keluaran ajang survival I-Land. Waktu itu gue nggak mau berspekulasi lebih tentang TinyTAN ini. Gue cuman nebak kalau TinyTAN ini pasti masih ada hubungannya sama BTS. Secara, pas gue lihat logonya mirip sama logonya BTS. 

TinyTAN BTS, Karakter chibi BTS
Logo TinyTAN

Eh, ternyata dugaan gue bener. Lagi-lagi Army dibikin gemas sekaligus kesal lihat brand baru ini. Gemes karena TinyTAN lucu banget, tapi kesal karena nggak lama setelah dirilis pasti bakalan keluar uang lagi, hehehe. Makin kaya kau, Big Hit!

Anyway, konsep brand kali ini agak mirip sama yang sebelumnya, yaitu BT21 dan Mattel doll. Tapi kalau menurut gue, nantinya TinyTAN ini bakalan lebih mirip ke BT21. Kenapa bisa kayak gitu?

Oke kita bahas yuk!!!

About TinyTAN


Sama seperti boy band sungguhan, TinyTAN telah diperkenalkan bahkan sebelum resmi dirilis

Berdasarkan hasil riset gue, Big Hit mendaftarkan trademark dengan nama TinyTAN pada 1 Juni 2020. Baru banget, kan? Padahal kalau gue amati, TinyTAN bahkan udah debut sebelum punya trademark

Inget boneka yang ada di pop-up store dulu nggak? Bukannya itu TinyTAN? Gue kasih deh gambar sama videonya di bawah, biar kalian inget. Tapi, yang dipakai di pop up store dulu baju era idol, bukan era mic drop.

TinyTAN di Pop up store memakai baju era idol
TinyTAN pakai outfit era idol di pop up store

Btw, TinyTAN juga diperkenalkan selama Bang Bang Con berlangsung. Mereka beberapa kali muncul saat break


TinyTAN punya konsep mirip BT21

Seperti yang tadi gue bilang, TinyTAN ini konsepnya mirip BT21. Bedanya cuman karakter dan perusahaan yang menaungi.

BT21 merupakan kerjasama Big Hit sama perusahaan lain, tapi kalau TinyTAN resmi punyanya Big Hit, bukan cuma jadi brand ambassador. Bahkan dari info yang baru aja gue dapet, TinyTAN bakalan collab sama salah satu merek pelembut pakaian ternama di Korea, Downy.

TinyTAN dan Downy kolaborasi
TiNy TAN X Downy

Terus dari sisi penjualan dan target pasar lumayan mirip. Menurut gue, BT21 dan TinyTAN target pasarnya emang anak-anak gitu kan. Ya meskipun biasanya Army yang udah artefak kayak gue juga masih suka sama barang-barang macem gini. Jadi ya, targetnya yang semula sempit, secara nggak sadar jadi luas banget. Masalah jual-menjual barang Big Hit emang jago. S-3 marketing lah Big Hit ini!

Oh iya, setelah gue baca beberapa ulasan, TinyTAN ini didaftarkan dalam banyak kategori. Nggak hanya boneka chibi yang lucu, tapi Big Hit juga bakalan mengeluarkan musik, video, fabric, tas, furniture, kosmetik, electric, accessories, dan masih banyak lagi. Ya intinya mah jualan merchandise kayak BT21, hehehe. 
 
Gue jadi ngebayangin TinyTAN punya series kayak BT21, terus karakter chibinya dibuat mirip karakter member BTS. Pasti kocak banget, sama kayak pas nonton Run BTS. Makin bucin lah Army! 😂

Army yang udah jadi ibu-ibu pun susah buat berhenti jadi fans justru karena anaknya sendiri yang doyan nontonin TinyTAN. Ibunya ngebiasin member BTS, anak-anaknya ngebiasin TinyTAN dan BT21. Seru banget! Hahaha... ngajarin fangirling sejak dini ini mah.


Get ready for the cutest boy band in the world (another level of uwu)

TinyTAN sementara ini punya akun twitter official @TinyTANofficial

Akun Twitter Official TinyTAN BTS/Official account TinyTAN
TiNy TAN Twitter Official Account

Tanggal 30 Juli 2020, TinyTAN menyapa publik lewat tweet pertamanya. Nggak lama setelah itu, pada 2 Agustus 2020, TinyTAN mulai memperkenalkan member-membernya. Mulai dari RM sebagai leader hingga Jungkook si maknae grup.


Yang menarik perhatian gue justru deskripsi dan julukan yang disematkan ke tiap member. Semuanya menurut gue sesuai sama karakter member BTS. Oke, gue mulai jelasin dari member yang pertama kali dirilis.

1. Unbreakable Cuteness (#steadfast #intelligent #insightful #destruction #quick_thinker)


Dari hashtag yang ditulis, kamu pasti kenal kan sama member yang satu ini. Bener banget... jawabannya adalah leadernya BTS, Kim Namjoon alias RM. Chibinya RM ini dari deskripsi yang gue lihat punya karakter persis banget sama RM.

Hashtag yang paling nempel di pikiran gue ya tentu aja destruction. Monster perusak emang cocok disematkan buat RM. Harusnya nambah satu lagi sih, si clumsy, hehe.

Jangan salah paham! Bukan gue ngejelekin RM, cuman kan manusia emang punya kelebihan sama kekurangan. Berkali-kali Jin juga selalu bilang, "aku percaya kalau Tuhan itu adil hanya dengan melihat Namjoon." Karena di balik kharisma luar biasa yang Namjoon punya, dia juga punya kekurangan, salah satunya gampang ngerusakin barang itu tadi 😂


Btw, Unbreakable Cuteness cocok banget disematkan buat RM, apalagi pas dimplenya muncul. Ya, nggak?


2. Worldwide Cutie (#dad_jokes #responsible #laugh_explosion #life_of_the_party #worldwidecute)


Kalau di real life kita selalu denger kata worldwide handsome, di TinyTAN kita harus terbiasa dengan worldwide cutie. Meskipun semua karakternya cute, tapi member TinyTan satu ini cutenya udah bertaraf worldwide. Apalagi pas dia kedipin mata, cute banget! 

Hashtag responsible terlalu menarik perhatian gue. Meskipun leadernya adalah RM, tapi Jin juga nggak sedikitpun kehilangan kharismanya sebagai kakak tertua. Dia tetap bertanggung jawab dan menjaga adik-adiknya. Jin bisa jadi dewasa banget pas sama Hyung Line, tapi bisa jadi kocak pas lagi sama Maknae Line.


Oya, ngomongin tentang tanggung jawab gue jadi inget tentang kesibukan dia yang padet. Tapi dia tetap tanggung jawab sama tugasnya sebagai orang biasa, kayak menempuh pendidikan, terus ngurus restorannya juga.

Tuh kan, gue mau ngomongin karakter di TinyTAN tapi malah bahas sifatnya Jin. Tapi kayaknya karakter Jin di TinyTAN juga dibikin persis sama karakter Jin yang asli.


3. Sweetie with Swagger (#honest #creative #tsundere #foresight #supine)


Iya... sifatnya Suga emang sesuai banget sama hashtag yang dibikin. Adminnya gue rasa wibu deh atau Army juga kayaknya, hehe. Soalnya sampai tahu istilah tsundere, yang notabene hanya dikenal pecinta konten berbau Jepang. 

Gue sendiri sering gemes sama tsunderenya Suga. Dia seolah-olah cuek, padahal perhatian banget. Kalau kalian nonton beberapa iklan TinyTAN di Bang Bang Con, pas lampu ruangan tiba-tiba mati, Suga dengan cepat lari buat nyalain lampu. Cuman gitu doang bucinnya Suga udah gemes dan baper.

Fix lah, karakter TinyTAN Suga ini juga bikin gue jatuh hati.
Jadi sweetie with swagger ini julukan yang pas banget buat Suga maupun chibinya Suga, sama-sama savage outside, sweet inside. Swag penampilannya, tapi lembut banget hatinya. Btw, dia tuh pernah nulis sendiri message buat Army di hari ulang tahunnya. Udah kayak kapas hati Bapak Agus ini!
Oya, hashtag supine juga menggambarkan Suga banget. Selain kreatif, Suga emang hobinya rebahan. Gue jadi inget pas Kang Daniel nyebutin Suga di suatu acara. Katanya gini, "Oh iya, setahuku, idol yang juga seneng banget di rumah itu Suga BTS." Jadi selain suka rebahan, Suga juga a homebody alias anak rumahan.

4. Little Hope Right Here (#dance_leader #quick_learner #performance #sound_effects #talented)


Udah nggak usah ditanya. Udah jelas lah ini chibinya siapa. Yup! Uri sunshine, Jhope. Karakternya di TinyTAN juga punya kemampuan dance di atas rata-rata. Nggak salah kalau dia dipilih jadi dance leader

Terus ada dua hashtag yang bikin gue mengiyakan sifat itu emang punyanya Jhope. Yang pertama quick learner. Dari apa yang pernah gue baca, Jhope masuk jadi trainee Big Hit awalnya bukan di posisi rapper, tapi vokalis.

Bang Pd-nim mindahin dia ke rapper line. Katanya sih awalnya dia kesusahan, tapi akhirnya bisa juga tuh jadi rapper dalam waktu singkat. Itulah kenapa diantara rapper-rapper BTS, yang punya kemampuan vokal cukup stabil ya Jhope ini.

Hashtag kedua yang mencuri perhatian gue tentu aja sound effect. Army di manapun pasti ngerti deh kalau Jhope tuh hobi banget bikin suara-suara langsung dari mulutnya. Lihat aja di reality shownya BTS. Haha...

Suga bahkan kadang-kadang sebel, terus bilang gini, "kok ada sih cowok mulutnya nggak berhenti ngomong." Ya maksudnya bikin-bikin suara refleks kayak apa yang Jhope lakuin gitu.

5. Lovely Little Angel (#considerate #emotive #artistic #hardworking #perfectionist)


Dari julukan yang didapet aja, gue udah bisa menggambarkan gimana karakteristik chibinya Jimin, lovely alias penyayang. Jimin kan emang member yang terkenal suka gelendotan, suka peluk-peluk ke member lain. 

Dia juga terkenal kecil ukuran tubuhnya. Ya meskipun kalau ngomongin ukuran tubuh, Suga juga masuk kategori kecil ini. Cuman balik lagi, kalau lihat Jimin tuh kadar kecilnya setingkat lebih tinggi dibanding Suga. Itulah kenapa, Army yang masih baru atau yang bukan Army, pasti nganggep Jimin ini maknae. Gue dulu awal jadi Army juga gitu.

Terus ngomongin Angel, sebenarnya semua member BTS tuh like an angel. Tapi Jimin emang tingkat angelnya (?) di atas rata-rata. Chibinya Jimin kelihatan kayak angel banget pas muncul di iklan Bang Bang Con.
Jimin juga pekerja keras dan perfeksionis. Dulu pas mau debut, dia tuh mati-matian diet. Soalnya pengin debutnya jadi momen yang sempurna, dan kerja kerasnya selama latihan bisa terbayarkan.

  

6. Precious Baby Bear (#visual #talent_generator #tenacious #expressive #free_spirited)


Kayaknya semua trainee di Big Hit udah familiar sama julukan precious yang dikasih ke V, soalnya Bang Pd-nim sering bilang kalau V itu precious. Dia berharga banget di BTS.

Dia punya paket lengkap sebagai seorang idol. Visualnya oke, kemampuan dancenya bagus, bisa ngerap, jadi vokalis juga bisa. Ditambah suara dia yang berkarakter, husky dan deep. Army mana yang nggak bucin habis dengerin V nyanyi coba? 

Oya, V juga menurut gue ekspresif. Jujur ya, gue belum pernah lihat idol yang seekspresif dia. I mean, ekspresi wajah, body language dan stage actnya beneran nunjukkin kalau dia the real performer. V bisa tiba-tiba smirk, bisa lucu, bisa garang, bisa sedih sampai nangis, intinya semua ekspresi bisa dia keluarin di atas panggung.
Nggak heran kalau V ini jadi member terakhir yang dikenalkan ke publik. Bang Pd-nim bilang kalau dia takut kehilangan talenta luar biasanya V. Kan nggak lucu, udah rekaman lagu, latihan dance, terus tetiba si V pindah ke agensi lain. Maka dari itu, dia harus disembunyikan dulu biar nggak dilirik agensi lain.
Oya, ikonnya V kenapa jadi berubah ya? Kenapa jadi beruang? setau gue ikon V dulu tuh harimau. Belakangan imagenya yang garang sedikit melunak gegara jadi beruang. Beruang kan dari sudut manapun terlihat lebih imut dibandingkan harimau. Meskipun beruang nggak kalah galak sih sebenarnya. *ngomong apaan dah*

Atau mungkin karena lagunya Winter Bear? Atau karena dia beberapa kali bilang kalau sering dipanggil bear sama ayah ibunya? Coba deh, lain kali gue tanya ke staff haha. Belakangan staffnya emang kayak gitu, suka edit ikon dia jadi beruang.


7. Adorable Golden Baby (#overdrive #confidence #patience #sights_on_high #tireless)


Adorable Golden Baby ini sempat jadi trending twitter di berbagai negara. Tanpa harus melihat hashtag gue udah bisa menyimpulkan. Yang namanya adorable golden, ya pasti Jungkook. Dia emang adorable banget, terus talentanya mirip sama V. Dia bisa jadi vokalis, rap, visual, dancer, juga center.

Btw, dia juga jago olahraga, main games dan menggambar. Basically, he's good at everything. Dah lah, memang golden maknaenya BTS dia mah!
Kata "baby" juga cocok buat chibinya Jungkook. Meskipun semua TinyTAN itu baby, tapi kalau dilihat di teaser/videonya, chibi lain memperlakukan chibi Jungkook kayak bayi. Jungkook tuh segede apapun badannya ya tetep jadi babynya BTS dan Army. Gemeeees 😍

Tapi menurut gue kurang satu deh itu hashtagnya. Harusnya ada juga tuh perfeksionis. Jungkook juga seseorang yang suka kesempurnaan menurut gue. Buktinya mixtapenya nggak kelar-kelar sampai sekarang. Bolak-balik revisi sendiri kayaknya dia nih. Hehe...bercanda ya, Kook!
Tapi sebenernya itu cukup terwakili sama hashtag sights on high sih. Ambisius dan punya goal besar atau ekspektasi tinggi. 

 

❤❤❤❤❤❤❤



Oke, itu tadi bahasan gue tentang TinyTAN, karakter/boneka chibi terbaru BTS. Selamat datang di keluarga besar Big Hit Entertainment, guys! 💜

Mereka debut tanggal 8 Agustus 2020 tuh! Hehe...

Debut TinyTAN
Debut TinyTAN (Source: twitter @TinyTANofficial)

member TinyTAN BTS
Member of TinyTAN

Btw gue kepo juga sih, kenapa namanya TinyTAN ya? Kalau boleh sotoy, mungkin karena "tiny" itu kecil. Terus "tan" ya karena chibinya Bangtan. Jadi yaudah TinyTAN, versi kecilnya Bangtan. Cuteness to heal the world!

Atau karena terinspirasi dari Yeontan, si anjing penyelamat dunia di kehidupan sebelumnya? Haha ya nggak lah *dijawab sendiri*

Kalau menurut pendapat kalian gimana? Komen di bawah, ya!
Books

0 Comments

About | Contact Us | Privacy Policy | Disclaimer | Sitemap