[Review Lagu] Your Eyes Tell by BTS -->

[Review Lagu] Your Eyes Tell by BTS

It's A Heartbreaking Love Story

Makna dan arti lirik lagu Your Eyes Tell BTS
Your Eyes Tell by BTS


Chinggudeul Annyeong!👋≧◉á´¥◉≦
Kali ini gue mau nge-review lagunya BTS yang baru dirilis 15 Juli kemarin. Seperti biasa, lagu-lagu Bangtan di album Jepang tuh emang selalu bagus. Dan biasanya lagu-lagu itu punya vibes yang beda sama lagu Korea. 

Mulai dari melodi sampai pemilihan kata/diksinya. Kalau gue boleh sotoy, kayaknya sih disesuaikan sama selera orang Jepang. Yang jelas kalau gue baca lirik lagu Jepang, berasa lagi digombalin sama Bangtan, hehe. Liriknya biasanya lebih cheesy daripada lagu dalam Bahasa Korea, but it's just my opinion.

Oke, gue mulai reviewnya ya!

1. "Your Eyes Tell" justru diperkenalkan lebih awal sebelum rilis di platform musik

Jadi lagu ini dibawakan oleh Bangtan untuk pertama kalinya di CDTV Jepang pada 13 Juli 2020, dua hari sebelum lagunya rilis di berbagai platform musik. Tapi, hal itu nggak menyurutkan semangat Army untuk tetap streaming dua hari setelahnya, saat lagu benar-benar dirilis. Sampai akhirnya Your Eyes Tell berhasil menduduki peringkat pertama i-Tunes di berbagai negara.

2. "Your Eyes Tell" merupakan Soundtrack Film Jepang berjudul Kimi No Me Ga Toikakete Iru

Lagu bergenre pop-ballad ini resmi menjadi soundtrack utama film yang akan dirilis 23 Oktober 2020 mendatang. Film ini sendiri merupakan remake dari Film Korea berjudul Always.

Your Eyes Tell jadi soundtrack Kimi No Me Ga Toikakete Iru
Your Eyes Tell (2020)

Sekilas gue baca sinopsisnya, cerita film ini emang sedih banget. Tentang kisah cinta antara cewek buta dan mantan atlet gitu. Pas denger Your Eyes Tell, gue bisa langsung ngerasain gimana sedihnya film ini. Ya kemungkinan karena Jungkook udah nonton filmnya, jadi melodi dan lirik yang dibikin bisa cocok banget sama filmnya.

3. Jungkook ikut serta dalam pembuatan lagu "Your Eyes Tell"

Your Eyes Tell sebenarnya masuk ke mixtape Jungkook. Tapi entah karena apa, lagu ini justru dimasukkan ke album Jepangnya Bangtan. Oiya, Jungkook juga ikut bikin musik dan liriknya lho!

Jungkook menciptakan sendiri Your Eyes Tell
Your Eyes Tell Credit

Media Jepang juga menyebutkan kalau Jungkook menulis lagu ini setelah nonton filmnya. Gue nggak tau ya Jungkook nonton filmnya yang versi Jepang atau Korea. Tapi yang jelas, lagu ini terinspirasi dari film itu.

Meskipun kalau gue coba baca liriknya, bisa juga sih buat Army. Tapi di lirik tertentu aja. Contohnya pas bagian "A future without You is a world without color, I stare into that monochrome coldness." Di situ Jungkook kayak mau jelasin kalau tanpa Army, dunia dia jadi nggak berwarna.

Terus pas dia bilang, "I'm looking straight at You, You don't leave me anywhere, that gaze watching over me is so colorful." Di bagian ini gue kayak ngebayangin tatapan Bangtan pas konser aja gitu. Waktu Army nyalain semua warna Army Bomb (Army wave), terus Bangtan lihat Army dari panggung.

Lirik yang ini gue juga suka... "You taught me that someday, the sadness will weave a story of us together" (emang Army tuh nggak pernah dikasih kesempatan buat milih ya, karena semuanya bagus -_-). Lirik itu kayak ngegambarin kalau yang ngajarin Bangtan tentang banyak hal salah satunya adalah Army. Jadi yang dimaksud You di sini adalah Army.

Dari beberapa lirik yang gue jelasin itu, nggak heran kalau lagu ini akhirnya dimasukkan ke album Jepangnya Bangtan. Jadi salah satu tittle track di Album MOTS 7 The Journey bareng sama Stay GoldMungkin karena liriknya juga lumayan relate sama hubungan Army dan Bangtan. 

4. "Your Eyes Tell" punya makna yang dalam

Lagu ini menurut gue pantas disebut "A Heartbreaking Love Story", karena melodi dan liriknya sedih banget. Ditambah suara member Bangtan pas nyanyiin lagu ini beneran full of emotion

Mereka bener-bener belajar mengenai feel yang harus dikuasai saat bernyanyi. Menurut gue mereka nyanyi sambil memaknai tiap liriknya, jadi nggak heran kalau Army bisa tersentuh, bahkan sampai nangis pas denger mereka nyanyi. 

Menurut Billboard Jepang, Your Eyes Tell menggambarkan kedalaman dan indahnya cinta. Hal itu emang beneran relate sama filmnya. Tapi di sisi lain juga relate sama ceritanya Bangtan. Terutama tentang masa-masa sulit mereka sampai akhirnya bisa sesukses sekarang. Bangtan juga percaya kalau kegelapan itu sifatnya sementara, dan di kemudian hari pasti akan ada cahaya yang menghampiri mereka.

Lirik Your Eyes Tell BTS
Your Eyes Tell Lyrics

Kesimpulan

Gue suka banget sama lagunya, bahkan sebelum gue tau apa artinya. Gue juga salfok sih sebenernya pas lagu ini rilis. Pertama karena melodi kayak gini tuh melodinya Jungkook banget. 

Kedua, pas lihat Bangtan perform live di tv Jepang. Mereka kan nyanyi sambil berdiri, depannya ada mic gitu. Terus gue lihat Yoongi, micnya kayak ketinggian buat dia, hahaha... *Yoongiya mianhae 😆

Ketiga, dari judulnya aja, seharusnya Army udah bisa nebak sih seberapa sedihnya lagu ini. Tapi di sisi lain romantis banget. Ya... Your Eyes Tell tuh ibarat "ketika satu mata dan mata lainnya saling berbicara." 

Ketika seseorang ketemu sama soulmatenya, kadang nggak butuh banyak kata buat memahami sesuatu. Cukup lihat matanya aja, masing-masing udah bisa menebak semua hal yang sedang dipikirkan. Udah bisa merasakan perasaan satu sama lain lewat tatapan mata.

Hal itu semakin membuat gue yakin kalau Jungkook memang salah satu spesies manusia romantis 😃 Jadi nggak heran kalau judul, lirik, atau genre yang dia pilih cenderung kayak gini.


--------------------------------------------------



Oke... itu tadi review Your Eyes Tell versi gue. Semoga kamu paham ya sama apa yang gue tulis. Hehe...

0 Comments

About | Contact Us | Privacy Policy | Disclaimer | Sitemap