[Review Lagu] Still with You by Jungkook BTS -->

[Review Lagu] Still with You by Jungkook BTS

These are Interesting Things of

Still with You (Check ✔️)

Arti lirik Still with You Jungkook BTS
Still With You Cover

Annyeong...Chinggudeul! 
👋≧◉á´¥◉≦

Kali ini gue mau nge-review lagunya Jungkook yang berjudul Still with You. Lagu yang dirilis sebulan lalu ini emang punya banyak cerita kalau gue bilang. Oke deh, langsung aja kita bahas, check this out!

1. Genre lagu Still with You cocok banget buat Jungkook (Vibesnya Jungkook, valid no debate!) 

Genre lagunya emang ballad, tapi menurut gue lagu ini juga ada bumbu-bumbu jazznya. Kalian bisa denger pas bait awal setelah intro (verse 1). Suara Jungkook yang lembut juga cocok banget sama lagu ini.

Terus pas pertama kali denger lagu ini, gue langsung mikir kalau musiknya cocok banget dijadiin soundtrack drama. Drama-drama tragis yang menyedihkan gitu, apalagi ada efek rintik hujan di awal lagu.

2. Lagu Still with You lahir dari tangan dingin Jungkook dan Pdogg

Di lagu ini Jungkook nggak cuman nulis lirik, tapi dia juga bikin musiknya. Ia juga dibantu oleh produser senior Big Hit Entertainment yaitu Pdogg. Yaaa... kalian udah tau lah pasti! 

Credit lagu still with you

Gue suka banget sama liriknya. Nggak cheesy tapi lebih ke sweet. Hmmm... gimana ya, emang beda tipis sih. Tapi gue tetep kekeuh bilang kalau lagu ini sweet, apalagi pas Jungkook ngomongin tentang rintik hujan, bulan, bintang, langit.

Setelah Still with You rilis, gue langsung kasih ekspektasi lebih ke karya-karya Jungkook selanjutnya. Secara... gue emang penggemar musik ballad. Dan sejauh ini lagu yang sering dibikin atau direkomendasikan Jungkook emang alirannya ballad. Jadi, nggak salah dong kalau gue berekspektasi lebih ke mixtape dia yang belum dirilis?

Oya gegara nyangkut ke mixtape, gue jadi kepikiran kalau Jungkook ini sebenernya emang berbakat bikin melodi dan lirik lagu. Makanya Yoongi berkali-kali muji Jungkook karena hal itu. Lagu Jungkook yang sebelum ini juga ngena banget, terutama Magic Shop dan Love is Not Over

Tapi sejauh yang gue lihat , Jungkook anaknya kurang percaya diri dan perfeksionis. Dua hal itu kalau digabungin bakal gawat sih. Contohnya apa yang terjadi sama Jungkook. Mixtape dia yang dari tahun-tahun lalu nggak kelar juga, ya mungkin karena dua hal yang gue sebutin tadi. Ngrasa kurang terus sama apa yang dia bikin. Padahal kalau dipikir lagi, decalcomania yang masih sampel gitu aja udah enak banget didengerin.


3. Baper pas denger melodi dan suara Jungkook

Ada nggak sih Army yang nggak baper kalau denger suaranya Jungkook? Kayaknya nggak ada deh... hehe.
Tapi nggak cuma bikin baper, Jungkook juga nunjukin kualitas vokalnya yang makin oke. Maafkan kesotoyan gue hehehe. Cuman gue suka aja gitu denger falsetonya dia, lagunya jadi tambah manis.

Ibaratnya nih kalau ada orang yang lagi sedih atau nggak mood, terus dengerin lagu ini pas kondisi di luar rumah lagi hujan pula, gue jamin bawaannya jadi lebih tenang. Iya nggak sih? sekali lagi bukan karena liriknya, tapi karena denger melodi sama suaranya Jungkook lho! 

4. Pencapaian lagu yang luar biasa

Entah karena Army yang dapet sindrom rindu menumpuk atau karena apa, this song has surpassed 8M plays on SoundCloud in 2 days. Bukan main kan golden maknaenya Bangtan yang satu ini dalam urusan membolak-balikkan hati Army?

5. Pertama kalinya dinyanyikan Live di Radio Kkul FM

Sehari setelah lagunya rilis, Jungkook jadi tamu di acara radio livenya Yoongi. Terus saat itu dia ngebahas lagunya Jungkook. Dia tanya tentang part mana yang Jungkook suka, dan tolong nyanyikan bagian itu (kalau gue suka semua part hehehe)


6. SoundCloud jadi salah satu teman setia Bangtan


Seperti yang kita tahu, SoundCloud emang jadi salah satu platform andalan Bangtan dari awal debut. Jauh sebelum mereka upload lagu di platform lain. Gue nggak ngerti sih mengunggah sesuatu di platform ini bakalan menghasilkan uang atau nggak. Gue nggak kebayang sih lagu Still with You bakalan dapat penghasilan berapa. Yang dengerin aja banyak banget.

Bahkan kabar terakhir yang gue dapet, lagu ini udah dapet 805k like dong! Itu artinya, Still with You merupakan lagu korea pertama yang mendapatkan like terbanyak sejauh ini di SoundCloud. 

7. Trending di Media Sosial

Karena menurut Army Jungkook sangat romantis, akhirnya Army ngasih dukungan juga buat Jungkook dengan cara bikin hastag atau tagar di berbagai social media, salah satunya di twitter. Tagar #StillWithYouByJK berhasil menjadi trending nomer satu di twitter tak lama setelah still with you dirilis.

8. "Still With You" adalah lagu spesial untuk Army

Awalnya gue cuman menduga-duga, kira-kira lagu ini buat siapa ya? Gue pribadi sih mikirnya langsung ke banyak perspektif. Lagunya cocok buat relationshipnya Jungkook ke Army, begitupun sebaliknya. Bisa juga dari Jungkook ke member BTS, staff, Bang Pd, atau yang lan. 

Dan tebakan gue tentang lagu ini kejawab di Radio Live Yoongi. Jungkook terang-terangan bilang kalau lagu Still with You khusus dia bikin buat Army. Oiya, seharusnya sih gue nggak perlu menduga-duga ya, soalnya dari urlnya aja udah kelihatan. Tulisan "thankyouarmy2020" terpampang nyata di sana, yorobun!

Tulisan Jungkook thankyouarmy2020 di Soundcloud

Dari lagu ini gue juga belajar memahami perasaan Jungkook, haha. Tentang betapa spesialnya Army buat Jungkook. Bener kali ya kata orang, misal ada seseorang yang rela menato nama orang lain di tangannya, itu tandanya ada sesuatu yang spesial sama orang itu. Jungkook juga bikin tato ARMY di tangannya 😭

Tato ARMY Jungkook BTS

9. Love-Hate Relationship

Ini opini gue ya, of course tentang Jungkook. Jadi, Jungkook emang selalu bikin Love-Hate Relationship sama Army, khususnya Army yang ngebiasin dia. Kenapa gue bilang gitu? karena Jungkook itu bisa setahun ngilang, terus muncul tiba-tiba dan bikin ambyar.

Dia biasanya muncul buat selca, cover musik, upload video nggak jelas (ngupas apel salah satu contohnya), atau video joget-joget yang jadinya viral (itu lho yang pakai lagunya Billie Eilish). Ya intinya Jungkook selalu bikin kangen, terus tiba-tiba update dan kangennya Army terbayarkan.

Nah, Still with You ini juga kayak gitu prosesnya. Army kebetulan lama banget nggak dikasih kabar sama dia, ditambah banyak skandal muncul (padahal itu privasi dan hak dia hidup sebagai manusia normal). Eh, tiba-tiba dia ngeluarin lagu ini. Gimana Army nggak makin bucin coba?


10. Behind The Scene Lirik Still With You

Pas di Radio Live, Jungkook sempat menjelaskan tentang proses pembuatan lagu ini. Dimulai saat dia ngerasa sendirian, diem gitu di kamar, terus dia cuma bisa denger suara AC. Itulah kenapa, ada kata AC di liriknya. Dari situ dia dapat ide.

Nggak lama setelah itu, dia pergi ke studio buat ngelanjutin idenya tadi. Terus Jungkook juga bilang kalau pengin nunjukin rasa yang jujur buat Army. Jadi, lirik yang dia tulis emang relate sama keadaan dia sekarang.

Mulai dari lirik "panggil namaku", hal itu bisa diartikan saat dia bersama dengan Army. Entah pas konser, atau nggak sengaja ketemu di jalan, pasti ada aja yang manggil namanya. Mungkin lagu ini juga ngejelasin kalau Jungkook nggak hanya kangen Army, tapi juga punya makna kalau dia kangen konser.

Terus pas bagian dia bilang, "lagi di ruang gelap, terus aku sebenernya udah nggak pengin di sana. Tapi keadaannya berkata sebaliknya, aku harus tetap di sana." Menurut gue dia lagi ngomongin tentang ruang latihan. 

Ya gue ngerti sih, betapapun kita passionate di satu bidang, yang namanya jenuh dan capek itu pasti ada. Di sini Jungkook bilang kalau dia tetap harus melakukan hal itu karena nggak mau jatuh (kehilangan kesempatan untuk bisa lebih bersinar).

Jungkook juga cerita tentang jalan yang nantinya mungkin akan berbeda, ngomongin tentang hari tuanya nanti. Gimana pas dia udah berkeluarga, Army pun gitu. Dan di saat itu terjadi, tentu aja keadaannya udah nggak sama lagi.

Nah, ada juga lirik yang cerita tentang hal itu. Selain ngucapin rasa terima kasihnya, Jungkook juga ngungkapin kecemasannya akan momen itu.

*Kamu bisa baca terjemahan liriknya di bawah ini: (Meskipun liriknya padat alias banyak banget, gue tetep suka. For me, it's just beautiful, poetic, and kinda deep).

Lirik Still with You (English Trans)

[Intro] 
That faint voice of Yours that grazed me
Please call my name one more time
I am standing still under the frozen light, but 
I will walk towards You, step by step
Still with you

[Verse 1] 
A pitch dark room
I shouldn't get used to it
But I am used to it again
The low-pitched sound of the air conditioner 
If I don't have this, I might just fall apart

[Pre-Chorus 1]
We laugh together, We cry together
These simple feelings were everything I had
When will it be?
If I see you again
I will look into your eyes
And say, "I missed you" 

[Chorus]
Inside the blissful memories
The rain pours down, even if I dance by myself
When the fog clears,
I'll run to you with drenched feet
Give me a hug then

[Verse 2]
The moon looks lonely
Like it's crying in the bright night sky
Even though I always know the morning will come
I want to stay in your sky like a star

[Pre-Chorus 2]
The day, that moment 
If I knew this was gonna happen
I would have remembered more of them
When will it be?
If I see you again
I will look into your eyes 
And say, "I'll missed You"

[Outro]
Behind the faint smile that looked at me
I will draw a beautiful purple shade
We may not be on the same page
But I want to walk this path with you
Still with you

** Behind the scene lirik yang dijelasin Jungkook
** Kata-kata yang menurut gue bikin lagunya jadi lebih puitis
** Lirik yang menggambarkan perjalanan Army sama Bangtan (momentnya Army-Bangtan banget)
** Lirik favorit gue, hehe. So romantic...
** Satu-satunya lirik yang menurut gue cheesy (drama banget dah... hehe)



Jadi gitu review gue tentang Still with You 
Love it! My ears have been truly blessed by his new song!

Adakah dari kalian yang masih setia dengerin lagu ini di SoundCloud?




0 Comments

About | Contact Us | Privacy Policy | Disclaimer | Sitemap