Makna Musik Video ON by BTS (Part 1) -->

Makna Musik Video ON by BTS (Part 1)

ON

Kinetic Manifesto Film: Come Prima

ON BTS
BTS at The Tonight Show with Jimmy Fallon

Hai...chinggudeul! Hari ini gue mau lanjutin review tentang lagu BTS yang berjudul ON. Tapi untuk kali ini penjelasannya lebih ke musik videonya.

Anyway, sebelum gue bahas tentang MV nya, gue cuma mau bilang kalo gue suka banget sama outfit comeback mereka. Temanya monokrom-monokrom gitu, hitam putih kayak balik ke jaman pas awal debut. Terus, tiap kali promosi di acara musik, mereka juga pake tema monokrom tapi dengan detail outfit yang beda. Sometimes juga pake outfit ala-ala peperangan gitu. Dan di bawah ini beberapa outfit kesukaan gue. Apalagi pas pake baju warna coklat. 

BTS Outfit
M Count Down Outfit 

BTS Inkigayo
Kalo ini pas perform di Inkigayo. Kece kan?

BTS ON
Kalo ini gue lupa di mana, maybe di comeback stage M net

BTS ON
Outfit ini dipake pas promosi di Musik Bank. Dan style yang kayak begini menurut gue cocok banget sama konsep lagu ON. Sejauh ini, gue nobatkan outfit ini sebagai outfit terfavorit gue. Ada yang sama?

Oke, balik ke tema awal. Jadi, video musik ON yang dirilis Big Hit Entertainment pertama kali berjudul "Kinetic Manifesto Film: Come Prima". Musik videonya dirilis tanggal 21 Februari 2020, bersamaan dengan perilisan single dan albumnya.

Video musik BTS ini melibatkan juara dari ajang World of Dance Season 2 sebagai backup dancer. Dan menampilkan marching band "The Blue Devils Drum and Bugle Corps" yang juga ikut dalam formasi koreografinya.

Terus kalian harus tau juga, kalau dancer cewek di awal video ON bernama Sienna Lalau. Dia merupakan dancer yang terlibat saat menyusun koreografi Dionysus. Lalu, dia kembali terlibat dengan BTS dan menjadi salah satu backup dancernya di musik video ON.

Dancer ON
Sienna Lalau

Tidak hanya melibatkan orang-orang hebat, BTS juga melakukan syuting untuk MV ini di tempat yang tidak biasa. BTS melakukan syuting di sebuah dam bernama Sepulveda Dam. Dam ini dibangun pada tahun 1940-1941 untuk pengendalian banjir di area Los Angeles. Lokasi Sepulveda Dam ini ada di Sepulveda Basin Recreation Area, yang ada di timur laut pusat Kota Los Angeles. Dan ternyata, dam ini juga pernah dipakai untuk syuting berbagai film, serial TV, dan iklan, termasuk Iron Man 2, The Italian Job, Knight Rider, dan Escape from New York.

Sepulveda Dam
Sepulveda Dam

Oya, video musik ON ini merupakan video BTS ke-tujuh yang paling banyak ditonton dalam 24 jam pertama (46.5 juta kali), dan menjadi video YouTube yang paling banyak ditonton dalam periode waktu ini.

Selain hal-hal yang udah gue jelasin tadi, ada hal lain yang bikin gue tercengang.

1. Baju putihnya Taehyung sama Jimin. Kalo gue pikir-pikir lagi, mungkin karena ada lagu duet mereka yang berjudul "Friend" masuk di album ini. Jadinya, hal itu semacam clue, karena cuma mereka berdua aja yang pake setelan putih dan member lain nggak. Gue pikir cuma buat biar estetik aja, tapi ternyata ada maksudnya, hehe.

Music Video ON
Baju putihnya Jimin dan Taehyung

2. Gue juga ngrasa kalau MV ON punya vibe yang nggak kalah hebat dari MV yang lain, apalagi camera movementnya bikin makin kelihatan luar biasa. Dan ternyata, setelah gue cari tau siapa kru atau produser dibalik pembuatannya, gue akhirnya menemukan jawabannya. Untuk kesekian kalinya, BTS masih bekerja sama dengan Art Director Lumpens. Setelah sebelumnya juga bekerja sama di musik video BTS lainnya seperti, Idol, Fake Love, Blood Sweat and Tears, DNA, dan lagu-lagu BTS yang lain.

3. Gue akhirnya paham dengan berbagai VCR yang dikasih Big Hit pas acara akhir tahun maupun pas acara award. Terutama bagian tentang kepala ular yang sering banget nongol. Ternyata, kepala ular itu juga muncul di MV ON. 

Coba lihat formasi gambar di bawah ini deh, mulai dari member BTS, dancer, dan juga staff marching band tampak membentuk kepala ular. Taehyung dan Jimin di sini juga kelihatan kayak jadi taringnya ular itu. Tapi gue nggak ngerti sih apa maksudnya, hehe.

MV ON
Inilah formasi yang ngebentuk kepala ular

4. Terakhir, dan paling gue suka, endingnya mantap. Pas mereka menghadap belakang dan saling merangkul sambil lihat ke atas. Gue ngerasa kalo itulah ending yang mereka pilih dari semua lirik yang udah diucapin sebelumnya. Ending untuk tetap berjalan bersama-sama, meniti karir bersama dengan formasi lengkap bertujuh. Dan gue sotoy, gerakan melihat ke atas itu sebagai interpretasi dari keinginan-keinginan mereka bertujuh yang masih belum terwujud.

BTS ON
Ending ON

The last but not least, you can watch the music video of "ON - Kinetic Manifesto Film: Come Prima" here,

0 Comments

About | Contact Us | Privacy Policy | Disclaimer | Sitemap