[Review Buku] How Could? - Asabell Audida -->

[Review Buku] How Could? - Asabell Audida

Review, Resensi, Sinopsis Novel How Could Asabell Audida
[Review Buku] How Could? Btw, ilustrasi covernya mirip Jin ya?

Ada yang udah pernah denger tentang Wattpad? Atau malah kalian udah jadi pembaca atau penulis setia di sana? Buat yang belum tahu, Wattpad adalah situs web dan aplikasi smartphone asal Toronto, Kanada, yang memungkinkan penggunanya untuk membaca ataupun menulis karya dalam bentuk artikel, puisi, cerpen, dan sejenisnya. Masalah genre jangan ditanya! Wattpad menyediakan berbagai macam genre yang bisa kalian nikmati. Mulai dari romance, fanfiction, fantasy, humor, sampai horror.

[Review Buku] How Could?

Nah, buku yang bakal gue review kali ini awalnya ditulis di wattpad, yang akhirnya diterbitkan oleh penerbit karena mendapat viewers, comment, dan vote yang banyak banget di wattpad. Bahasa gampangnya trending gitu lah ya...
Novel How could Asabell Audida

Penulis buku ini, Asabell Audida, mengaku bahwa sebagian besar karya-karyanya terinspirasi dari BTS.
Nah, yang jadi inspirasinya nulis 'How Could?' ini adalah ketampanan seorang Kim Taehyung (Katanya Asabell nih ya. Catet!). Hmmm.... Fangirl detected.

Adik Taehyung yang cute. Tapi di novel ini karakternya dewasa banget (":


Jadi.......

'How Could?' adalah persembahan Asabell untuk Army sejagat raya 😎👏


[Sinopsis]

Valery tiba-tiba menghilang menjelang hari pernikahannya dengan Vee (Tokoh utama pria). Saking cintanya Vee sama Valery, dia ga mau nama baik Valery hancur di depan keluarganya, terutama neneknya. Akhirnya, Vee menyusun rencana untuk menikahi adik Valery, yaitu Aily. Ceritanya wajah mereka mirip banget gitu 😀

Jadi, dia itu nikah sama Aily sembari mencari Valery. Tapi, Valery ga ketemu-ketemu. Sampai akhirnya Vee dan Aily saling jatuh cinta.
Singkat cerita, Valery ditemukan. Dia membawa satu hal besar yang diungkapnya sendirian (plot twist).

Trus, akhirnya jadi sama siapa? 

Rahasia 😛

--------------------------------------------

Pertama kali membaca buku ini, yang terlintas di kepala gue adalah Kim Taehyung. Dari awal sampai akhir bab, di imajinasi gue tokoh pria di buku ini adalah Taehyung. Hmmm....
Kalian suka gitu juga ga sih? Tiap baca buku selalu berimajinasi tentang seperti apa bentuk wajah, penampilan, bahkan karakter tokoh utama dari deskripsi yang dituliskan di buku itu.

Tiap bab yang gue baca selalu mengingatkan akan adegan-adegan dalam drama-drama romantis Korea yang gue tonton. Mungkin karena buku ini dasarnya adalah K-fiction, jadi Asabell terinspirasi dari drama-drama Korea juga, yang mana dalam dunia nyata hampir ga pernah terjadi.


Kalian tau kan romantisnya tokoh utama di drama-drama Korea itu kayak apa? Yang kayak cuek-cuek tapi perhatian gitu kan kebanyakan. Tsundere-tsundere gitu lho 😊
Nah, di sini karakter tokoh utamanya dibuat berbeda. Di sini tokoh utamanya lebih perhatian dan dewasa. Tapi, emang ceritanya dia udah umur 37 tahun di novel ini. Jadi, wajar lah!

Karakter ceweknya digambarkan polos banget. Gue ga tau apakah di dunia ini ada cewek sepolos dia 😦

Hal lain yang gue suka dari novel ini adalah ada plot twist yang unik. Gue sebenarnya udah pernah beberapa kali tau plot twist kayak gini. Cuman di drama korea, bukan di novel.

Awalnya gue kira eksekusinya bakal kurang bagus. Ngambang gitu. Ternyata ga, chingudeul. Penjelasannya ada di barcode di halaman belakang novel. Bukan di novelnya. Plot twistnya gue suka sih. Karena menambah dimensi baru dari novel ini.

Lalu, gaya bahasa yang dipakai ringan dan mudah dipahami. Terkesan sedikit kaku karena kata sapaan yang dipakai formal banget, misal 'Kau' dan 'Anda'. Tapi, gue suka. Soalnya cocok sama cerita dan karakter tokohnya.

Ada satu lagi yang gue suka dari novel ini.
Jadi, di halaman belakang novel itu ada barcode yang bisa di scan, yang nantinya terhubung sama cerita lanjutan dari novel. Dan penulisnya bisa nambahin cerita kapan aja di sana.


Terakhir!

Ada beberapa part yang menjelaskan sesuatu secara frontal. Gue takutnya ini dibaca sama adik-adik yang masih muda belia, SD gitu misal. Kan wattpad bisa didownload sama siapa aja. Buku juga bisa dibeli sama siapa aja. Ya kali di toko buku ditanyain dulu sama mbaknya -__-

Oh ada satu lagi! Ada beberapa kata yang gue lihat salah ketik. Typo. Seinget gue, gue ga pernah baca buku yang udah diterbitin massal, terus typo gitu 😶
Cuman, masih bisa dipahami sih. Hehe...


❤❤❤


Well, itu review dari gue. Buat kalian yang suka novel romance atau suka nonton drakor yang romantis-romantis gitu, gue rekomendasikan novel ini untuk kalian 👌

Btw, baca di wattpad bisa. Tapi, ga selengkap di buku.


Anyway, adakah dari kalian yang udah baca 'How Could?'
Gimana menurut pendapat kalian?

12 Comments

  1. Anonymous6:32 pm

    hai kak mau minta pdf nya dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Wah, saya nggak punya versi pdf nya. Hehe...

      Delete
  2. Kak boleh minta barcode nya gak? Punyaku gak bisa di scan:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Coba langsung hubungi admin di instagram @howseries.project. Soalnya punyaku juga nggak bisa dibuka. Mungkin ada pembaruan atau hal lain. Hehe

      Delete
  3. gw kesini gara2 lihat plot twist nya, bisa2 nya woii, kapan gituloh, kepikiran kan, gasanggup baca 😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apanya yang kapan, hyung? 😭
      Tapi emang bener sih plot twist banget. Kok bisa bikin cerita macam begitu. Mana nyambung sama tokoh dan cerita lain juga. Dah kayak drakor-drakor aja 😭

      Delete
  4. Ka bolej minta barcode nya nggk :(

    ReplyDelete
  5. ka bole ga si tolong tulisin alur ceritanya gt hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alur ceritanya maju mundur sih. Jadi, alur campuran. Pas awal-awal itu masih pakai alur maju. Nah, pas Valery ketemu itu mulai maju mundur. Soalnya dia membawa cerita dari masa lalu juga. Kalau aku nggak salah inget ya, soalnya udah lama banget bacanya. Mon maap! (":

      Delete
  6. Anonymous6:56 am

    secara keseluruhan lebih suka how could atau how come?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya aku lebih suka How Come sih (:

      Delete

About | Contact Us | Privacy Policy | Disclaimer | Sitemap