(Curhat) Track List Album BTS MOTS 7 -->

(Curhat) Track List Album BTS MOTS 7

Sesuai sama janji gue kemarin, gue bakal bahas tentang tracklistnya BTS di album Map of the Soul: 7. Tapi gue rasa, gue perlu curhat dikit, ngomongin opini gue tentang album baru BTS ini. Seperti yang udah dirilis sama Bighit Entertainment beberapa hari lalu, BTS kali ini ngeluarin lagu buanyak banget. 

5 lagu dari album "MOTS: Persona," ditambah 14 lagu baru di album "MOTS: 7." Makanya, gue berkali-kali bilang kalau comeback mereka kali ini spesial. Nggak heran juga pas tiap kali interview, Jimin selalu jawab kalau album ini crazy, "This album is so crazy...woow," gitu kata dia.

Gue sendiri nggak memungkiri kalau album ini beneran segila itu. Bayangin aja, dalam waktu sepuluh bulan, mereka berhasil bikin 14 lagu baru. Dimana dalam kurun waktu itu, mereka juga nggak nganggur. Ibaratnya mereka punya segudang schedule, mulai dari promo lagu-lagu album sebelum ini, lalu ada konser, syuting untuk reality show mereka sendiri, hadir dan perform di acara award maupun music, belum lagi sibuk jadi brand ambassador perusahaan ini itu.

Dan Indonesia pun juga nggak ketinggalan buat ngehire mereka buat jadi BA. Gue yakin kalian pasti taulah hehe. Tiap hari kan wajah mereka tampil di tv nasional maupun di media social.

Maksud gue, sebagai seorang yang awam tentang pembuatan music itu seperti apa, gue ngerasa kalau waktu 10 bulan itu nggak cukup buat bikin musik dan lirik sehebat ini. Tapi, kalian bisa lihat... BTS bisa mewujudkan hal itu. Tapi gue juga ngerti sih, mereka nggak sendirian. Mereka punya tim dan juga berkolaborasi sama banyak song writers dari luar negeri.

Oya, tiap member juga ikut andil dalam pembuatan lagu di album ini. Makanya ketika press conference kemarin, beberapa member bilang kalau mereka kerja keras banget untuk album ini. Karena balik lagi, tujuan BTS bermusik bukan hanya untuk kepuasan pribadi semata.

Jin juga bilang saat press conference album MOTS: 7 kemarin, gini kira-kira omongan dia,
Semua target dan hasil memang penting, tapi tak ada yang lebih penting dibandingan membuat fans dan pendengar bisa bahagia dengan musik yang kami buat. Jin, 24 Februari 2020

Suga ikutan nambahin, kalau mereka bakalan bahagia ngliat orang lain ikut bahagia dengan musik mereka.
If people can draw happiness from our music, that can be the greatest result that we can achieve. Suga, 24 Februari 2020

Dan, yang perlu kalian tau, mereka tuh selalu nambahin passion dan love di setiap lagunya. Ada effort berlebih yang mereka tuangkan, dan juga tangis perjuangan dalam proses pembuatannya. Kayak sepenggal lirik yang mereka buat di lagu berjudul Blood, Sweat, and Tears.

Tapi gue yakin sih, semua usaha mereka itu terbayarkan setelah album ini dirilis Jum'at lalu, 21 Februari 2020. Bukan hanya merilis keseluruhan lagu di platform music, mereka juga merilis MV lead single berjudul "ON" di akun YouTube resmi mereka.

ARMY bahkan masih dibuat penasaran, karena pada tanggal 28 Februari mendatang, mereka akan kembali merilis MV kedua untuk lagu yang sama.

Hmm, gue nggak ngerti sih kenapa BigHit up 2 music video di lagu yang sama. Tapi gue nggak heran juga, karena di album sebelumnya juga gitu. Ada 2 music video di lagu "Boy with Luv." Kalo menurut gue sih mungkin aja nanti MV keduanya lebih berkonsep kayak movie gitu kali ya. Karena di MV yang udah dirilis lebih fokus ke choreo mereka.

Btw, melupakan gimana kerennya perjuangan dan MV mereka, gue kali ini lebih fokusin ke lagu-lagunya mereka aja. Untuk di album ini, akhirnya gue bisa milih lagu mana yang jadi favorite gue. Karena di tahun-tahun sebelumnya gue kayak nggak bisa milih satu yang bener-bener gue suka.

Jujur, ya! Sebenarnya, gue lebih suka album sebelum ini hehe. Eitss, tunggu dulu...jangan marah!!! Musik kan emang tergantung selera dan pendengaran masing-masing orang ya.

Nah, kebetulan gue ini orangnya emang biasa aja sama music yang up beat, cenderung suka sama musik ballad alias yang kalem-kalem gitu. Jadi wajar dong, kalo album yang ini kurang ngena di hati gue. Tapi gue akhirnya tetap suka-suka aja sama semua lagunya...haha!

Oya, kalian bisa lihat tracklist mereka di bawah ini. Dan gue bakal ngasih penjelasannya secara berkala di post-an selanjutnya. Gue akan mulai dari nomor 6, karena nomor 1-5 masuknya ke album persona. Thank you udah mau baca curhatan nggak jelas gue...hheheh.

BTS Comeback
Track List MOTS: 7

0 Comments

About | Contact Us | Privacy Policy | Disclaimer | Sitemap