(Oknum) Penonton Sepak Bola=Anarkis? -->

(Oknum) Penonton Sepak Bola=Anarkis?

Source: Pixabay.com

Assalamu'alaykum

Di postingan kali ini saya akan membahas aksi perusakan lapangan oleh sejumlah oknum suporter di Stadion Jakabaring, Palembang.

Jadi, Bulan Juli lalu ada pertandingan antara Sriwijaya FC dan Arema Malang. Nah, Sriwijaya ini kalah dari Arema 0-3. Diduga hal itulah yang menjadi penyebab (oknum) suporter marah hingga merusak, bahkan melempar bangku-bangku tribun di stadion tersebut. Padahal stadion ini akan digunakan untuk salah satu cabang olahraga di Asian Games Agustus ini.
Kabar baiknya, alhamdulillah udah langsung dibenerin bulan (Juli) itu juga.

Sebenernya tindakan anarki kayak gitu udah ga asing lagi. Rusak lapangan lah, tawuran antar suporter lah, bahkan ada yang sampe saling bunuh. Kebanyakan yang anarki kayak gitu suporter sepak bola sih. Eh....atau ada cabor lain yang gitu juga?

Dulu pas jaman Persik lawan salah satu club di Jatim, di jalan raya aja masih rusuh. Padahal kan di jalan juga banyak pengguna jalan lain, yang bahkan nonton pertandingannya pun nggak. Hmm yaaa...

Menurut saya, kemungkinan tindakan-tindakan anarki itu didasari oleh rasa cinta ke klub kebanggaan mereka. Tapi, terlampau posesif. Contoh gampangnya, misal ada orang cinta sama istri atau suaminya. Nah, saking cintanya sampe posesif. Pokoknya ga boleh ada yg gangguin, ga boleh ada yg deketin, dijaga terus-terusan 24/7. Ada yg begini dikit, cemburu. Begitu dikit, cemburu. Saking ga mau kehilangan, kadang sampe nyakitin orang yang dicintainya itu atau bahkan nyakitin sekitarnya.

Sama kayak suporter itu tadi. 'wah gue cinta banget nih sama klub ini, apapun yang terjadi pokoknya kalian ga boleh kalah. Harus menang terus, dll'. Akhirnya pas ada masalah kayak gitu, larinya ke emosi dan nglakuin hal yang kurang baik.

Hmm...ada bagusnya sih loyal ke klub gitu. Cuman yaa...kalau udah ngarah ke hal negatif jadinya ga bagus lagi. Seharusnya keloyalan itu bisa jadi trigger buat melakukan hal-hal yang lebih positif demi menunjukkan itu ke klub yang didukung. Biar dukungannya lebih berasa gitu. Hehe...

Seharusnya, suporter-suporter itu punya kegiatan yang positif, jadi kekompakannya itu bisa diliat bagus gitu lho sama orang. Misal, persik mania adakan galang dana untuk korban bencana alam, atau apa gitu lah. Kan lebih berfaedah. Ya, kan? Atau udah ada suporter yg melakukan hal-hal kayak gitu? Yaa...setidaknya jangan sampe ricuh lah, jaga ketenangan, ga merusak fasilitas yang ada. Gitu aja udah cukup sebenarnya.

Menurut saya sih ke depannya perlu nih ada aturan khusus suporter. Trus bikin asosiasi suporternya itu yang bagus. Bisa mewadahi keloyalan itu dengan hal-hal yang positif. Trus ga ada lagi suporter yang sampe musuhan sama suporter lain padahal tanding bolanya udah kelar. Musuh bebuyutan. Duuuh...Biar apa ya Alloh -.-

Trus semisal ada oknum penyebab kericuhan atau apapun itu sebaiknya langsung ditindaklanjuti supaya ada efek jera. 

Hmm ini ga nyambung sih. Cuman mau sekalian bilang aja.
Sampah-sampah jangan lupa dibawa pas mau balik. Biasanya kalau udah kelar pertandingan, sampah udah ga karu-karuan. Taruh di tempat sampah atau spot yang emang digunain buat ngumpulin sampah sementara. Biar enak yang bersihin. Atau bahkan kalau ada yang ambilin botol bekas, bisa lebih gampang karena ga harus keliling. Gitu.

Ga maksud menggeneralisir. Ini oknum aja. Masih banyak yang baik-baik dan berpikir jangka panjang kok. Hehe...

0 Comments

About | Contact Us | Privacy Policy | Disclaimer | Sitemap