Select your Confidants Carefully -->

Select your Confidants Carefully

Pernah sedih? Seneng? Pernah semua lah pasti. Kebanyakan apa yang dilakukan orang ketika seneng ataupun sedih? Yap, bener. Curhat!!! Terkadang, curhat emang bener bisa melegakan hati gitu lah.

Media curhatnya macem-macem. Yang paling sering di media sosial, misal facebook, twitter, dan lain-lain (curhatnya nih dalam bentuk status yaaak). Nah gue curhat di sini. Hahaha eh gue curhat ga ya? Dulu sih iya, buat curhat. Sekarang ga berlebihan deh kayaknya. Hehe maksudnya ga terlalu umbar masalah, misal 'Waaaa duit gue ilang nih, waaaa pensil gue ilang nih, waaa gue lagi berantem sama kakak gue'.

Ya boleh sih nulis status, tapi yang tersirat gitu aja lo. Hahaha apalagi yang di share masalah keluarga atau apapun yang menurut gue sangat pribadi. Please, itu bahaya banget. Dapat apa kita ketika curhat di media sosial? Dapet dukungan dari temen-temen? mungkin. Tapi, kadang itu tidak menyelesaikan masalah.

Oke, itu yang curhat di sosmed. Curhat yang kedua ini lebih privat sih, yaitu ke temen ataupun yang lainnya. Kalau yang ini sih, mungkin bisa dipake. But, liat dulu temennya yang seperti apa. Salah-salah malah masalah kita yang tersebar luas. Ya Alloh -__-

Dan gue, sebenernya jarang banget curhat orangnya. Malah nyaris ga pernah. Apalagi yang pribadi banget menurut gue. Tapi, kadang keluar juga sih curhatan ke orang lain (yang menurut gue lumayan bisa dipercaya lah). Jaraaaaaaang banget tapi nih.


Source: Pixabay.com

Menurut gue sekarang, curhat yang paling bener adalah curhat ke Alloh dulu. Mungkin ntar Alloh bakal ngasih tau 'Orang ini yang jadi perantaranya, hambaku. Perantara buat nolong kamu'. Gitu. Karena apa? Karena semua pertolongan itu berasal dari Alloh. 

Ketika curhat ke orang yang kurang bisa dipercaya, bakal heboh deh. Banyak kasus yang kayak begitu. Adu domba lah, perceraian lah. Karena awalnya dari curhat-curhat ini. Curhat ke orang yang kurang tepat.

Jadi, menurut gue sebaiknya mulai sekarang kita belajar membatasi materi apa yang kita 'curhat' kan. Perlu ga ya curhat ini kira-kira? Tanya ke diri sendiri dulu. Yaaa...ini pembelajaran buat gue juga sih. Jangan sampe habit curhat-curhat ini kita bawa sampe pas kita berumah tangga. Kita sebarkan masalah rumah tangga kita ke media sosial, ke orang yang kurang bisa dipercaya, dan seterusnya. Jadi kayak ke blow up gitu lo masalahnya. 

Gue pernah liat ceramah siapa gitu (lupa). Ceramahnya tentang rumah tangga gitu lah. Intinya, kita nih cewek-cewek kalau ada masalah dikiiiit di rumah (sama suami), jangan sampe langsung ngadu ke orang tua.

Sebisa mungkin bicarakan dulu dengan suami di rumah. Karena apa? karena yang tau masalahnya kita ya kita sendiri (sama suami), orang lain ga tau. Baru semisal emang udah buntu banget, kita coba bicarakan ke orang terdekat yang bisa dipercaya dan bisa memberikan solusi. Jadi, ga curhat-curhat secara bebas gitu lo. 

Semisal udah terlanjur di posting, yaudah hapus lagi aja (kalau pribadi banget). Sebelum ada orang lain yang baca. Gitu lah kira-kira.

0 Comments

About | Contact Us | Privacy Policy | Disclaimer | Sitemap