BTS DI RADIO MBC 4UFM PART I -->

BTS DI RADIO MBC 4UFM PART I

BTS di Bae Cheol-soo's Music Camp

BTS DI BAE CHEOL SOO'S MUSIC CAMP

Chinggudeul Annyeong! 
👋≧◉á´¥◉≦
Sebelum ada covid-19, gue nggak berekspektasi kalau Bangtan bakalan mampir ke acara tv Korea lagi, kecuali ke acara-acara musik buat promo lagu. Itu pun biasanya pas comeback aja kan. Sama palingan mereka datang ke acara penghargaan musik.

Nah, gegara ada covid-19 ini jadwal mereka banyak yang direvisi, termasuk jadwal untuk konser di luar negeri. Akhirnya mereka banyak beraktivitas di Korea, termasuk comeback Dynamite kemarin itu.

Karena nggak ada konser di luar negeri, dan alhamdulillah Dynamite super duper menarik perhatian orang hingga berhasil menduduki peringkat 1 The Hot 100 Chart Billboard, mereka jadi diundang ke beberapa acara berita tv dan radio di Korea. Katanya sih jarang banget ada idol grup yang masuk ke acara berita tv Korea.

Dulu Bangtan sering sih datang ke radio-radio, cuman karena belakangan ini mereka comeback dan promosi di luar negeri, jadinya udah nggak pernah mampir ke acara radio yang di Korea. Malahan sering tampil di acara radio luar negeri, kayak Iheart, Sirius XM, dan Disney.

Bangtan datang ke acara radio apa sih?

Jadi, Bangtan mampir ke acara radio legendaris di Korea. Nama acara radionya adalah Bae Cheol-soo's Music Camp, mengambil dari nama hostnya yaitu Bae Cheol Soo. Program radio ini telah mengudara selama 30 tahun, sejak tahun 1990. 

Bae Cheol-soo's Music Camp merupakan salah satu program yang dirancang oleh MBC FM4U. Sesuai dengan judulnya, program ini dikhususkan membahas tentang musik, khususnya musik Pop. 

Selama mereka di acara itu, gue ketawa mulu. Soalnya emang mereka sereceh itu. Banyak hal-hal menarik yang gue dapet selama menonton siaran yang berdurasi kurang lebih satu jam itu.

1. BTS tiba di gedung MBC

Di awal BTS nyampe di gedung MBC, gue udah ngakak karena lihat Taehyung yang hampir nabrak banner. Jadi, Taehyung itu jalannya sengaja nunduk terus gitu. Otomatis dia nggak lihat apa aja yang ada di depannya. Yang lainnya belok kiri, eh dia bablas aja. Untung ada staf yang buru-buru megang, terus mengarahkan ke jalan yang benar (((aih, jalan yang benar))) 



2. Taehyung nggak tau kalau radio mengadakan live streaming di YouTube

Dj Bae bilang kalau acara radionya biasanya konvensional tanpa video. Tapi karena hari itu spesial, makanya staf bikin live streaming di YouTube, terus ada subtitlenya juga.

Setelah Dj Bae bilang gitu, Taehyung wajahnya langsung berubah, kaget sambil celingukan nyari kameranya di mana. Kayaknya sebelumnya dia nggak tau kalau ada live streaming, padahal dia baru aja benerin resleting celananya hahaha. Kalau kata Army, "mana sempat, keburu ketahuan!"



3. Segmen perkenalan member Bangtan

Yoongi dan J-Hope perkenalannya normal kayak biasanya. Terus Yoongi bilang kalau dia pendengar setia acara radio ini. Kalau J-Hope, ya biasa lah dia ngomong, "aku harapannya Bangtan." 

Ini pas J-Hope ditanya tentang arti nama dia

Jin juga kayak biasanya, pakai keyword "handsome" buat perkenalan. Tapi, ada sesuatu yang bikin gue ngakak di segmen ini. Kurang lebih gini percakapannya:
 
Yoongi: "Apa dah, malu bro." (mungkin malu karena Jin seolah menyetujui pujian Dj Bae buat semua member Bangtan sebelum segmen perkenalan)
Dj Bae: "Lho? kalian malu juga?" (maksudnya malu dibilang ganteng)
Jimin: "Iya, kita sebenarnya malu." 
Jin: "Aku juga malu sih."
Yoongi: "Tapi biarpun malu, Jin Hyung suka. Aku nggak ngertinya di situ lho. Kalau aku sih pasti malu banget."

Jimin dan Jungkook mengawali perkenalan mereka dengan permintaan maaf terlebih dulu. Soalnya mereka berdua datangnya telat. Kata Jimin sih gara-gara macet di jalan.

Terus Dj Bae bilang gini, "Oh, nggak usah minta maaf, karena lagu kalian udah di chart Billboard selama 2 minggu berturut-turut. Jadi nggak masalah." 
Jimin tambah nggak enak dong, "Ah nggak. Sekali lagi maaf." Akhirnya Namjoon juga ikut nambahin, "Terima kasih atas pengertiannya."

Oh iya, gue juga salfok sama cara Dj Bae manggil member Bangtan. Dj Bae memanggil mereka dengan embel-embel "kun". Setelah gue cari tau, "kun" itu sapaan khusus buat manggil anak muda. Kalau di Indonesia mungkin kayak "Nak" gitu.
 
Namjoon perkenalannya juga kayak biasanya. Dia juga ngucapin selamat untuk anniversary ke-30 acaranya Dj Bae. Dj Bae sampai kaget, kok Namjoon bisa tau. Kalau menurut gue, Namjoon itu tipe orang yang riset dulu sebelum datang ke suatu acara. Makanya, nggak heran kalau dia tau informasi sedetail itu.

Eh, Taehyung nggak mau kalah dong. Taehyung bilang kalau dia yang ngasih tau Namjoon tentang informasi itu. Bahkan ketika perkenalan, Taehyung membahas tentang anniversary itu lagi. Taehyung ada-ada aja emang. Iya-iya, yang tau duluan kamu! 😓😅

4. BTS di The Hot 100 Chart Billboard

Kata Yoongi, Bangtan nggak pernah nyangka kalau lagu Dynamite bisa meraih peringkat 1 di Billboard 100. Soalnya saingannya juga nggak mudah. Apalagi yang bertengger di peringkat 1 sebelumnya adalah Cardi B, dengan lagunya WAP.

Dan yang bikin lebih nggak nyangka, Dynamite bisa bertahan di peringkat 1 selama dua minggu berturut-turut.


Sampai-sampai Bang Si Hyuk menelepon member buat ngasih kabar tentang hal itu. Namjoon juga bilang kalau Bang Si Hyuk hampir menangis. Terus Jin bilang gini, "Bang Si Hyuk bertanya apakah kami semua ada di sana, dan ketika kami meng-iya-kan, dia berteriak, 'Yeah!'" Saking senengnya Bang PD 😂

Lalu, Dj Bae mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Bangtan dan berkomentar, "Saya telah mengumumkan tangga lagu Billboard Hot 100 setiap minggu selama 30 tahun terakhir, sejak tahun 1990. Saya sudah cukup tua dan hampir pensiun, tapi sekarang saya bisa mengumumkan bahwa salah satu artis kami menduduki puncak Hot 100. Sekarang nggak ada lagi yang saya inginkan." 

Setelah Dj Bae bilang kayak gitu, Namjoon refleks bilang kalau mereka (member Bangtan) merasa sangat tersentuh.

Makin lama obrolannya makin seru. Apalagi pas ngomongin tentang nama BTS, BCS (Nama Dj-nya), V yang dibaca B, Rain (Bi) juga mengandung unsur B, dan BST (Nama staf), Namjoon tiba-tiba nyeletuk Cardi B, gara-gara ada huruf dominan yaitu huruf B. Semua orang otomatis pada ketawa, kecuali Jungkook. Nah, karena Jungkook nggak ketawa, sama Dj Bae ditanya, "Jungkook kok nggak ketawa?" 


Dan saking nggak jelasnya, Jungkook akhirnya ketawa sendirian di depan mic. Serius deh, part ini tuh bikin ngakak banget! Apalagi pas lihat wajah Jungkook ketawa seadanya sambil nunjukin wajah imutnya.

5. Dj Bae membahas tentang Grammy Awards

Sebenarnya Dj Bae tahun ini udah mau pensiun. Tapi, dia bilang kalau misal Bangtan masuk nominasi Grammy, dia bakalan nunda pensiunnya tahun depan. 

Dj Bae juga bilang kalau dia udah mengomentari "Grammy Awards" selama 20 tahun, dan dia ingin berkomentar sekali lagi untuk Bangtan. Member Bangtan terus kompak bilang, "Teruslah berkomentar untuk kami." Namjoon juga bilang, "Member Bangtan dan Bang Si Hyuk adalah anggota Recording Academy." Kalian bisa baca tentang Recording Academy Member lebih lanjut di website.

6. Summer Sonic merupakan pertemuan pertama Dj Bae dengan BTS

Tahun 2015 ada acara yang namanya Summer Sonic di Jepang. Saat itu, Bangtan menjadi salah satu bintang tamu di acara tersebut. 


Terus kata Yoongi, "Oh iya, kita waktu itu masih jadi artis daerah." Ada-ada aja Yoongi mah! Wkwk...

Tapi sama Dj Bae dibantah, "Nggaklah, kalian tetap yang terbaik di Asia waktu itu. Makanya, kalian diundang ke sana."

Jadi, di acara itulah awal pertemuan Bangtan dan Dj Bae. Tapi, nggak saling ngobrol karena Bangtan nggak tau, dan Dj Bae juga udah pergi sebelum acara selesai. Dj Bae bilang kalau cuma bisa nonton Bangtan sekitar 30 menitan, terus meninggalkan acara itu.

7. BTS membicarakan tentang album baru

Mereka bilang kalau album baru bakalan dirilis tahun ini, nggak lama lagi lah pokoknya. Yoongi bilang kalau sebenarnya ini rahasia, tapi karena ini acara spesial, yaudah nggak apa-apa mereka bocorin. Yang jelas, album terbaru mereka bakalan lebih bagus dari Dynamite. Yang nggak kalah menarik, semua member terlibat dalam pembuatan lagu di dalamnya. 

Kita tunggu aja lah ya. Kata Namjoon genrenya beragam, tapi meaningful.



8. BTS berbicara tentang pengaruhnya di seluruh dunia

Dj Bae bertanya kepada Bangtan apakah mereka merasa terbebani karena menjadi pengaruh bagi remaja di seluruh dunia. Terus Yoongi jawabannya gini, "Kami sudah banyak memikirkan hal itu," lalu dia menyebutkan lagu solonya berjudul "Shadow". Semua pesan yang ingin dia sampaikan sudah ada di lagu itu.


Yoongi juga sempat bercanda kalau lagunya yang berjudul "Shadow" boleh kok diputar di acara Dj Bae, "Nggak harus sekarang muternya, besok juga nggak masalah," gitu kata dia. Ketularan Jin ini mah, S3 marketing! 😆

Kalau Namjoon jawabannya gini, "Kami memang memiliki ketakutan tentang itu, tetapi kami pikir kami harus melakukan apa yang bisa kami lakukan".




*Biar nggak terlalu panjang, akhirnya gue bagi jadi dua postingan. Baca juga kelanjutan BTS di Radio MBC 4UFM Part II, ya!

0 Comments

About | Contact Us | Privacy Policy | Disclaimer | Sitemap