[Review Lagu] Stay Gold by BTS -->

[Review Lagu] Stay Gold by BTS

Tetap Bersinar di Kondisi Apapun

Arti dan makna lirik lagu Stay Gold BTS
Source: pinterest

Annyeong, chingudeul!

Kali ini gue mau ngereview lagu Stay Gold BTS. Lagu yang dirilis sebulan yang lalu ini nggak kalah enak sama lagu Jepang Bangtan yang lain. Seperti yang pernah gue bilang, lagu-lagu Jepangnya Bangtan punya vibes yang beda sama lagu Korea.

Dari awal Big Hit ngasih preview lagu ini aja, gue udah langsung suka, meskipun waktu itu nggak ngerti arti liriknya apa. Dari melodinya aja gue kayak tahu kalau lagu ini nggak mengandung unsur bawang, alias lagu happy.

Okedeh langsung aja gue review lagunya, check this out!

1. Stay Gold merupakan tittle track dalam Album MOTS 7 The Journey

Sesuai dengan konsep albumnya, The Journey, nggak salah kalau BTS menjadikan Stay Gold ini sebagai tittle tracknya. Karena yang namanya momen emas itu pasti ada di tiap kehidupan manusia. Dan semua orang punya momen emasnya masing-masing, di waktu yang berbeda-beda.

Nah, kebetulan Bangtan punya momen emas itu bareng-bareng sama Army. Jadi nggak heran kalau lagu ini dimasukkan dalam album 7 tahun perjalanan karir bermusik mereka.

Stay Gold nggak sendirian, sebelumnya BTS juga merilis single berjudul Lights dan Your Eyes Tell yang menjadi lagu kejutan di album ini. Juga tak ketinggalan merilis 8 lagu Bangtan versi bahasa Jepang, termasuk ON, Black Swan, dan Boy With Luv
track list mots 7 the journey BTS
Track list MOTS 7 The Journey BTS


2. Bangtan menyanyikan Lagu Stay Gold secara live tiga hari setelah dirilis

Tepat pada tanggal 19 Juni 2020, album Jepang bertajuk MOTS 7 The Journey resmi dirilis Big Hit di berbagai platform musik. Tak lama setelah itu, Big Hit juga merilis jadwal siaran live di salah satu TV Jepang keesokan harinya. 

Hal itu tentu saja membuat Army bahagia lantaran tidak hanya mendengarkan suara merdu member Bangtan, tapi juga bisa melihat visual mereka saat menyanyikan lagu ini. 

Tepat tanggal 22 Juni 2020, untuk pertama kalinya BTS membawakan lagu Stay Gold di channel TBS CDTV.

3. Lewat Stay Gold, BTS kembali cetak segudang prestasi

Melalui Stay Gold, Bangtan berhasil mencetak rekor baru di tangga album billboard. Mereka menduduki peringkat pertama dalam kategori penjualan lagu digital dunia Billboard. Hal ini membuat Bangtan memecahkan rekornya sendiri sebagai artis yang meraih peringkat pertama di banyak chart
world digital song sales stay gold bts
Prestasi Stay Gold di Chart Billboard

Stay Gold juga menduduki peringkat pertama tangga lagu i-Tunes di 82 negara, di antaranya Indonesia, Amerika Serikat, Inggris, Perancis, dan India. Dan lewat lagu ini, Bangtan pun berhasil meraih posisi ke 9 di Bubbling Under Hot 100.

Selain itu, Stay Gold juga menjadi satu-satunya lagu berbahasa Jepang yang banyak didengar di situs streaming Korea. Sedangkan di Jepang sendiri, Stay Gold berhasil debut di peringkat 2 dalam Oricon Daily Digital Single Chart, dan meraih posisi ke enam di chart mingguan. Nggak ketinggalan, Stay Gold juga meraih peringkat ke-12 di Billboard Japan Hot 100.
stay gold bts di billboard Jepang
Stay Gold meraih peringkat 12 Billboard Japan HOT 100


4. Stay Gold mampu menarik minat banyak orang, sekalipun bukan Army

Seperti yang gue sering bilang, lagu itu punya pendengarnya masing-masing. Nah, menurut gue Stay Gold ini salah satu lagu yang target pendengarnya cukup luas. 

Bahkan, yang bukan Army aja bisa suka dengerin lagu ini. Selain melodinya enak didengar, suara member di lagu ini pun merdu banget. Bukan cuma suara vocal linenya aja, tapi suara rapper line juga lembut, bagian rapnya nggak ngegas.

Menurut Forbes, Stay Gold merupakan lagu yang punya sentuhan Hip-Hop di bagian verse, dan bercampur unsur pop di bagian chorusnya. Stay Gold juga punya vibes menyenangkan, sekaligus bisa menenangkan. Mantap nggak tuh?


5. Stay Gold mempunyai makna sebuah pengharapan

Lagu Bangtan mana sih yang nggak punya makna dalam? Seperti lagu-lagu sebelumnya, Stay Gold juga punya makna yang dalam. Jadi bukan cuma enak didengar, tapi lagunya juga punya makna. 

Kira-kira pas pertama kali dengar, kalian ngerti nggak sih artinya? ya jelas nggak lah... hehehe. Kecuali yang emang udah fasih berbahasa Jepang. Gue sendiri awalnya agak males cari tahu artinya lebih dalam karena udah tersihir dengan keindahan lagunya .

Tapi setelah MV-nya keluar, gue baru niat buat cari arti lagu ini. Lagu ini kurang lebih bercerita tentang sebuah pengharapan. Jadi Bangtan pengin memberi semangat buat pendengar lagunya, bahwa jangan sampai "kita" kehilangan kilau, sesulit apapun kehidupan yang tengah kita jalani.

Saat melakukan interview di salah satu TV Jepang, Jin menambahkan, poin utama lagu ini terletak di bagian chorusnya, yaitu saat para member mengatakan "stay gold" terus menerus.
Iya sih, mikirnya emang nggak usah kejauhan. Fokus aja di bagian itu. Tapi, kalau gue justru fokus di bagian intronya. Pas Jungkook nyanyiin lirik, "in a world where you feel cold, you gotta stay gold, baby" Lirik ini tuh jadi pondasi terkokoh keseluruhan isi lagu, bisa menggambarkan keseluruhan lirik lagunya.
Gold yang berarti emas, dan emas yang diibaratkan kemenangan tentu nggak akan terlepas dari kehidupan manusia. Ya kayak Bangtan sama Army sekarang deh, kita lagi ada di masa keemasan nih. Dan momen emas ini sebenarnya bisa hilang kapan aja. Maka dari itu, ada frasa "stay". Sehingga timbul sebuah pengharapan untuk tetap bersinar, kapan dan dimana saja.

Gue selalu berdoa biar gold momen ini selalu hadir di hidup Bangtan dan Army.


6. Stay Gold menjadi OST Drama Jepang berjudul Spiral Labyrinth-DNA Science Investigation

Nggak hanya masuk di album baru Bangtan, Stay Gold juga menjadi soundtrack Drama Jepang berjudul "Spiral Labyrinth-DNA Science Investigation".
Stay Gold untuk soundtrack Spiral Labyrinth-DNA Science Investigation
Spiral Labyrinth-DNA Science Investigation

Drama yang dibintangi oleh Tanaka Kei ini menjadi ramai diperbincangkan ketika Bangtan ikut terlibat di dalamnya. Tanaka bahkan berkomentar bahwa lagu yang dinyanyikan oleh BTS sangat keren.

"It was a really cool song, it really left an impression on my ears and heart, and I was shocked. I really like this song. If you listen carefully, it's a medium number. Whether the drama will be a medium number as well, I don't know yet, but I think that the combination of seemingly different things will build toward a new climax. Like the song says, I will work hard as a cast member to make the drama "Stay Gold." Also, because BTS is popular with the people around me, I will remind everyone to watch the drama."


+++++++



Jadi gitu review gue tentang Stay Gold. Udah ngerti kan sekarang alasan gue bilang kalau lagu ini lebih ke sweet dan menyenangkan? Kalau menurut kalian gimana? Adakah yang punya pendapat sama kayak gue? Boleh banget komen di bawah.

0 Comments

About | Contact Us | Privacy Policy | Disclaimer | Sitemap