[Review Video Musik] Stay Gold by BTS -->

[Review Video Musik] Stay Gold by BTS

    YOU GOTTA STAY GOLD, BABY!

Arti dan lirik Stay Gold BTS



Chinggudeul Annyeong! 👋≧◉ᴥ◉≦
Kali ini gue bakalan ngereview salah satu MVnya Bangtan lagi yang dirilis sebulan lalu. Seperti biasa, banyak banget teori yang pengin gue bahas di MV ini. Memang ya... selalu semenarik itu membahas teori di MVnya Bangtan. Meskipun mungkin banyak cocokloginya hahaha

Seperti judul yang udah kalian baca, yang mau gue bahas adalah MV Stay Gold. Btw, yang belum baca review tentang lagu Stay Gold, bisa langsung cek di sini.

Oke deh langsung aja gue bahas kalo gitu ya... check this out!

1. MV Stay Gold tidak dirilis bersamaan dengan lagunya

MV Stay Gold dirilis pada tanggal 26 Juni 2020. Bukan sebuah kebetulan, tapi karena sesuai dengan konsep yang ingin Big Hit buat, semacam kejutan gitu lho!

MV Stay Gold dirilis 26 Juni 2020
MV Stay Gold dirilis 26 Juni 2020

Gue awalnya nggak ngira kalau Stay Gold bakalan dibikinin MV, tapi ternyata Big Hit sukses bikin kejutan dan mengeluarkan MV seminggu setelah lagunya dirilis.

2. MV Stay Gold trending di berbagai negara

Faktanya, MV Stay Gold memang menjadi trending di berbagai negara, tak terkecuali di Indonesia. Pada Minggu, 28 Juni 2020, "Stay Gold" berhasil menduduki trending dua di YouTube Indonesia, dengan jumlah penonton melebihi 35 juta. 

MV Stay Gold trending #2 YouTube Indonesia
MV Stay Gold trending #2 YouTube Indonesia

Tidak hanya bisa melihat visualisasi member-member Bangtan, tapi Army juga disuguhi berbagai macam set misterius yang muncul di MVnya. Selain itu, ada sejumlah adegan yang bikin Army penasaran, sehingga menganggap kalau MV Stay Gold masih merupakan lanjutan dari kisah BTS Universe.

3. MV Stay Gold terinspirasi dari sebuah buku

Setau gue, Bangtan selalu konsisten menerjemahkan apapun yang mereka baca ke dalam sebuah karya. Nah, kali ini juga kayak gitu. MV Stay Gold terinspirasi dari buku berjudul "The Outsiders" karya S.E Hinton.

The Outsiders karya S.E Hinton
The Outsiders karya S.E Hinton

Sedari awal frasa Stay Gold dibuat karena terinspirasi dari buku itu. The Outsiders sendiri berkisah tentang sekelompok grup, yang terdiri dari orang-orang aneh yang menjalin hubungan lebih dari sekadar teman, alias sudah seperti keluarga.

Dua orang diantaranya bernama Ponyboy dan Johnny. Mereka berdua melarikan diri setelah Johnny membunuh seorang anak lelaki untuk menyelamatkan nyawa Ponyboy.

Mereka akhirnya bersembunyi di sebuah gereja yang sudah lama tak terpakai. Tapi sayangnya seiring berjalannya waktu, gereja yang ditinggali keduanya tidak sengaja terbakar. Dan Johnny meninggal karena mendapatkan banyak luka setelah menyelamatkan anak-anak yang terperangkap dalam gereja itu. Sebelum meninggal, Johnny berpesan pada Ponyboy untuk tetap melanjutkan hidup dan bersinar di manapun ia berada. Dari situlah frasa Stay Gold pertama kali tercetus.

Filosofi buku terbakar di MV Stay Gold
Filosofi buku terbakar di MV Stay Gold

Dalam MV Bangtan sendiri kita bisa melihat sejumlah set yang cukup mengerikan, apalagi pas bagian awal, ya kan? Tempatnya kayak gelap, membernya terlihat sendirian. Tapi di akhir video semua member kembali mendapatkan kilaunya, bersama-sama di suatu tempat yang lebih indah.

4. Di MV Stay Gold ada beberapa benda yang terlihat familiar

Sebelumnya gue udah bilang kan kalo MV Stay Gold ini mungkin kelanjutan dari BTS Universe? Nah, hal itu diperkuat dari beberapa benda yang terlihat sama seperti MV Bangtan yang lainnya. Apa saja benda-benda itu?

a. Jendela 

Ketika melihat jendela, gue langsung inget adegan pas Jungkook dan Jin melihat ke arah jendela, terus gordennya perlahan ketutup. Adegan itu ada di MV Fake Love.

Jendela di MV Fake Love (JIN)
Jendela di MV Fake Love (JIN)

Jendela di MV Fake Love (JK)
Jendela di MV Fake Love (JK)

Nah, di Stay Gold juga ada satu adegan dimana Jungkook lari di sebuah lorong, terus dia berdiri di depan jendela juga. Bedanya, kali ini gordennya nggak ditutup, terus Jin juga nggak ada di depan dia.

Jendela di MV Stay Gold
Jendela di MV Stay Gold

Jungkook diem aja di depan jendela, kayak lagi memperhatikan keadaan di luar jendela itu kayak apa. Jungkook kayak lagi ngebayangin masa depan yang cerah itu gimana, kehidupan yang membahagiakan itu kayak apa. Soalnya latar tempat Jungkook berdiri itu kalau bisa gue gambarin kayak sepi dan penuh kesedihan.

b. Matras 

Gue pertama kali lihat langsung salfok, "Eh kok? kayak pernah tau matrasnya!" Bener, matras itu persis kayak matras yang pernah dipakai Taehyung. Coba kalian lihat lagi video HYYH On Stage Prologue.

Matras di MV Stay Gold
Matras di MV Stay Gold

Matras di Video HYYH On Stage Prologue
Matras di Video HYYH On Stage Prologue

Walaupun nggak mirip-mirip banget, matras yang dipakai Jin di MV Stay Gold juga ada di MV Blood Sweat and Tears versi Jepang. Matras itu dipakai sama Jungkook. Apakah kebetulan?

Matras di Video Blood Sweat and Tears Versi Jepang
Matras di Video Blood Sweat and Tears Versi Jepang

Gue nggak ngerti sih filosofi matras itu apa. Cuman kalau gue boleh sotoy, matras itu kan selain bisa buat olahraga juga bisa buat istirahat gitu kan. Meskipun nggak senyaman kasur, tapi matras cukup membantu pas kita lagi capek. 

Terus karena matras ini ringan, jadi lumayan gampang ditemui di mana aja. Ya mungkin member Bangtan sering nemuin matras di tempat latihan atau di ruang tunggu. Jadi yaudahlah, tempat tersimpel buat meregangkan otot dan mengistirahatkan pikiran ya dengan tidur di matras. 

Nah, matras ini mungkin salah satu benda yang ikut menyaksikan karir bermusiknya Bangtan (kalau diibaratkan jadi manusia). Udah nemenin Bangtan dari jaman latihan sampai sekarang. Itulah kenapa, si matras selalu ada di beberapa MV *cocoklogi macam apa ini!*

c. Korek Api

Adegan Taehyung menyalakan korek api ini mengingatkan gue sama MV "Spring Day". Bedanya, kalau di Spring Day bukan Taehyung yang nyalain korek api, melainkan Jungkook.

Btw, di video lainnya juga sering ada adegan bersama korek api. Yang pertama di video Highlight Reel, dimana ada seorang perempuan yang mengambil korek api milik Yoongi. Kedua, adegan di video HYYH On Stage Prologue, dimana Jungkook juga terlihat meniup korek api.

Korek api di video LOVE YOURSELF Highlight Reel

Korek api di video HYYH On Stage Prologue


d. Buku A Midsummer Night's Dream

Dalam MV Stay Gold, Jin terlihat tengah membaca buku karya William Shakespeare berjudul A Midsummer Night's Dream.

Buku Yang dibaca Jin di MV Stay Gold

Sinopsis buku itu sebenarnya nggak ada hubungannya sama lirik/MV Stay Gold, cuman buku ini punya kisah yang menyerupai perjalanan karir bermusik Bangtan.

Jadi buku ini punya genre komedi. Menceritakan tentang percintaan manusia dengan campur tangan peri-peri. Simpelnya, cerita tentang hal-hal magis kayak dongeng yang nggak masuk akal gitu lho! 

Di Korea sendiri masih banyak yang percaya dengan kisah-kisah magis serupa. Secara umum bisa dibilang keajaiban.

Menurut gue, karir bermusik Bangtan juga kayak gitu. Selain kerja keras, mereka juga percaya kalau semuanya ada campur tangan Tuhan, kayak keajaiban yang nggak disangka-sangka. Perantaranya bisa macem-macem, salah satunya yang paling deket sama kisah Bangtan ya sosok kupu-kupu. Makanya, ada seekor kupu-kupu yang terbang di dekat Jin kan?

Buku yang dibaca Jin di MV Stay Gold
Lihat yang gue lingkarin!

Selain itu, ada debu emas yang beterbangan dari satu adegan ke adegan lain. Kemudian menuntun semua member BTS menuju tempat baru yang indah. Kalau kata Army sih, member Bangtan kayak dibawa ke surga sama Namjoon. Seperti yang kita tau, di surga kan kebahagiaannya kekal. Seolah mereka berharap biar momen emasnya juga bisa kekal kayak gitu.

Debu halus yang ada di MV Stay Gold
Nah, kalian bisa lihat debu emas itu ada di dalam kotak


e. Pintu yang terkunci

Dalam MV Fake Love, Jungkook terlihat berada di dalam lubang pintu yang disenderin Hoseok. Saat itu Hoseok digambarkan tidak bisa melarikan diri alias terbelenggu.

Lubang pintu di MV Fake Love
Kalau kalian lihat ada mata, itu matanya Hoseok. Nah, yang di dalam bola matanya Hoseok/yang lagi dia lihat dalam lubang itu adalah Jungkook (ini MV Fake Love)

Hoseok di depan lubang pintu (MV Fake Love)
Behind the scene pas dia melihat Jungkook (ini MV Fake Love)

Tapi, di MV Stay Gold, lubang kunci dari sebuah pintu memancarkan sinar emas. Hal itu mengisyaratkan bahwa Hoseok telah terbebas dari segala kesedihan, kesakitan, dan hal-hal negatif lainnya.

Lubang pintu di MV Stay Gold
Lubang pintu di MV Stay Gold


f. Sepeda Motor Yoongi

Selama menjadi trainee, Yoongi memang sempat menjadi kurir delivery order sebuah restoran. Nah, saat melakukan pekerjaan paruh waktu itu, ia sempat terluka di bagian bahu kiri setelah mengalami kecelakaan. Kejadian ini pun ia kenang lewat mixtape pertamanya. 

Kejadian itu juga telah divisualisasikan lewat MV "Shadow" dan "We Are Bulletproof: The Eternal."

Yoongi di MV Shadow
Gambar yang gue kasih tanda itulah tempat dimana Yoongi pernah terluka akibat kecelakaan motor. Dan YD250 merupakan plat nomor motor yang ia gunakan pada saat itu.

Yoongi di MV We Are Bulletproof: The Eternal
Yoongi di MV We Are Bulletproof: The Eternal tampak memegang bahu sebelah kirinya

Tidak hanya itu, pekerjaan paruh waktu yang sempat Yoongi lakukan kembali divisualisasikan dalam MV For You.


Nah, di MV Stay Gold juga gitu. Yoongi terlihat duduk di atas sebuah motor yang diyakini sebagai motor yang sama seperti di MV lain. Army berspekulasi bahwa hal itu menandakan bahwa Yoongi telah sembuh dari trauma dan rasa sakit akibat kecelakaan itu.

Yoongi's scooter


g. Gelang Persahabatan

Poin ini sebenarnya nggak ada hubungannya sama teori. Tapi perlu aja gue tulis haha. Ternyata Taehyung, Namjoon, Hoseok dan Jin menggunakan gelang yang sama. Mungkin gelang itu adalah gelang persahabatan. Mungkin juga, semua member sebenarnya pakai, cuman pas nggak ke shoot aja kali ya.

Friendship Bracelets BTS

5. Latar yang diambil masih berkaitan dengan beberapa MV Bangtan yang lain

Bukan hanya benda-benda saja yang terlihat sama, tapi beberapa latar juga masih memiliki kaitan dengan MV Bangtan yang lainnya.

a. Lorong 

Ketika dengar kata lorong, pasti kalian langsung mikirnya ke MV Fake Love, kan? Kalau jawaban kalian iya, berarti kita sama. Gue juga ngerasa, latar yang suram dan gelap di MV Stay Gold ini emang inspirasinya dari MV sebelumnya yang vibesnya juga suram.

Lorong di Fake Love
Lorong di MV Fake Love

Lorong di MV Stay Gold
Lorong di MV Stay Gold


b. Penjara

Banyak banget adegan di MV Stay Gold ini yang ngingetin gue sama MV di era Love Yourself dan WINGS

Dan juga adegan saat Namjoon terperangkap di lift mengingatkan gue sama bilik telepon pas era WINGS.

Lift di MV Stay Gold
Namjoon yang terjebak lift di MV Stay Gold

Bilik telepon era Wings
Bilik telepon di era Wings

Keadaan Namjoon yang selalu terjebak itu jadi ngingetin gue lagi ke salah satu adegan di webtoon "Save Me", yaitu Namjoon yang berada di penjara.

Namjoon di webtoon Save Me
Kondisi Namjoon saat berada di penjara (Webtoon Save Me)


c. Bus 

Bus yang ada di MV Stay Gold ngingetin gue sama bus yang ada di MV No More Dream. Bus yang ditampilkan tahun 2013 silam itu, kembali ditampilkan di MV Stay Gold ini. Menurut gue bus itu sebagai pengingat aja kalau mereka pernah melalui masa-masa sulit, terutama pas era No More Dream itu. Makanya, pas ditampilin lagi di Stay Gold, keadaan busnya digambarkan sedikit mencekam. Yang ada di dalam bus itu juga cuma Jimin.

Jimin saat berada dalam bus di MV Stay Gold
Jimin saat berada di dalam bus

Bus di MV No More Dream BTS
Bus di MV No More Dream


d. Dapur 

Adegan Hoseok duduk di atas meja dapur itu mengingatkan gue sama adegan dengan latar dapur yang lain. Jadi, di MV Blood Sweat and Tears yang versi Jepang juga ada adegan di dapur kayak gitu. Tapi keadaan yang di MV Blood, Sweat, and Tears lebih mencekam. Soalnya scenenya emang lagi berantem.

MV Stay Gold, ketika Hoseok duduk di atas meja dapur
MV Stay Gold, ketika Hoseok duduk di atas meja dapur

Scene berantem di MV Blood Sweat and Tears ini juga di dapur
Scene berantem di MV Blood Sweat and Tears ini juga di dapur


6. Adegan-adegan yang ditampilkan dalam MV Stay Gold mengandung banyak filosofi


a. Kebangkitan Yoongi

Di sebuah cuplikan, Yoongi tampak berada dalam ruangan yang diasumsikan Army sebagai ruangan yang sama di MV Fake Love.

Diyakini bahwa keberadaan Yoongi yang ada dalam ruangan itu dan terduduk di atas kursi diibaratkan sebagai kebangkitan Yoongi. Gue beneran inget, di MV Fake Love emang ruangan yang ditempatin Yoongi ini terbakar. Di MV Stay Gold, ruangan yang dipake masih sama, cuman ya gitu, ruangannya udah hangus dan ada sisa-sisa ember yang kosong.

Adegan kebakaran di MV Fake Love
Adegan kebakaran di MV Fake Love

Nah, karena bukti-bukti itu, Army kembali berspekulasi bahwa seseorang telah hadir untuk memadamkan api di MV Fake Love. Sehingga di MV Stay Gold Yoongi diyakini masih hidup. Diperkuat dengan adanya pohon di ruangan itu. Pohon sendiri merupakan simbol kehidupan dan awal yang baru.

Yoongi saat berada di MV Stay Gold
Yoongi saat berada di MV Stay Gold


b. Adegan Jungkook saat bersandar di ruangan gelap

Adegan Jungkook yang bersandar pada tembok ngingetin gue sama adegan di MV I Need You. Bahkan posisinya juga mirip. Bedanya, kalo di MV I Need You Jungkook bersandarnya di depan toko gitu.

Jungkook di MV I Need You dan Stay Gold
Jungkook di MV I Need You (kiri) dan Stay Gold (kanan)


c. Namjoon menggiring member BTS menuju tempat yang indah

Di MV Stay Gold, Namjoon memimpin member BTS ke tempat yang dipenuhi bunga-bunga. Seperti di kehidupan nyata, Namjoon juga punya peran sebagai leader/pemimpin yang tugasnya memimpin dan mengarahkan member BTS.

Namjoon memimpin member yang lain menuju tempat yang indah

Tempat indah yang ditunjukkan Namjoon pada teman-temannya

Hal itu juga ngingetin gue sama ending scene di MV ON. Ketujuh member juga berjalan bersama dipimpin oleh Namjoon.

Ending MV ON
Namjoon ada paling depan tuh, My!


d. I Purple You / Borahae

Pohon yang disentuh Taehyung dalam MV Stay Gold dilapisi warna ungu. Hal ini merepresentasikan Army. Kenapa bisa gitu? Jadi, pohon yang juga ada di MV Spring Day ini memang punya arti "keajaiban" dan "kehidupan". Dan menurut Bangtan, keajaiban dan kehidupan mereka adalah dengan memiliki Army. Karena setelah Taehyung menyentuh pohon itu, langsung muncul cahaya emas yang menyusuri tempat-tempat gelap yang pernah ditinggali Bangtan. Di sini bisa diartikan kalo Army udah banyak mengubah Bangtan secara ajaib. 

Begitu pula dengan filosofi warna ungu yang berarti "cinta terakhir" juga sangat melekat dengan Army. Warna ungu udah jadi simbol cintanya Army ke Bangtan, pun sebaliknya.

I Purple You Tree

I Purple You Tree

I Purple You Tree


7. Big Hit niat banget bikin set MV Stay Gold 

Gue awalnya mikir kalau set buat MV Stay Gold itu full dibantu CGI. Tapi nyatanya setnya beneran dibikin sama tim, dan sedikit memakai efek CGI.

Set MV Stay Gold

Jadi pas bagian set taman yang ada pohonnya itu emang pake CGI, tapi timnya nggak pake green screen. Mereka pakai blue screen yang soft. Semisal pakai green screen bisa otomatis hilang itu set tamannya.

Contoh video Bangtan pake green screen
Contoh video Bangtan pakai green screen (read caption!)

Setau gue, video-video Bangtan emang kebanyakan pakai green screen. Yang jelas banget pakai blue screen ya MV DNA.

MV DNA menggunakan blue screen
MV DNA menggunakan blue screen

Terus, gue mau kasih apresiasi buat tim yang bikin set MV-nya. Set yang dibikin beneran sesuai sama konsepnya Stay Gold. Dimana set awalnya dibikin lusuh, suram dan kacau. Beberapa bagian di tengah dan akhir video dibikin super duper indah, menerjemahkan Stay Gold dengan epiknya.

Set buat scenenya Yoongi
Set buat scenenya Yoongi

Stay Gold

Stay Gold

Set yang dibikin berjam-jam ini, menurut gue worth it sih. Karena hasilnya sebagus itu. Kalau misal gue punya company, mungkin gue bakal bikin set ala kadarnya. Ntar bisa gue edit tambahin CGI sana sini dan kelar. Tapi Big Hit beneran maksimal, pencapaian banget buat Art Directornya. Ah, gue jadi kepikiran pengin jadi salah satu bagian dari mereka, haha. 

Ini salah satu video yang nunjukin kalo setnya dibikin senyata mungkin. Beberapa orang mikirnya scene ini editan, padahal Jin beneran tiduran di atas matras yang mengambang. 


8. Anjing berwarna emas

Anjing berwarna emas ini pasti udah nggak asing lagi buat Army. Sebelum tampil di MV Stay Gold, anjing ini terlebih dahulu diperkenalkan Namjoon lewat aplikasi weverse. Pada Bulan Maret, Namjoon mengupload selcanya bersama anjing emas ini.

Namjoon weverse update
Namjoon weverse update

Jimin yang juga mengupload kebersamaannya bersama si anjing emas ini sebanyak dua kali.


9. Kebersamaan Taehyung dan Jimin di MV Stay Gold

Seperti yang kita tahu, Taehyung dan Jimin punya single berjudul Friends di album MOTS:7. Nah, Stay Gold kan juga masuk di album MOTS: 7 versi Jepang, makanya nggak heran kalau di MV ini Taehyung dan Jimin juga satu frame terus.

Taehyung dan Jimin di MV Stay Gold
Taehyung dan Jimin di MV Stay Gold

Taehyung juga membagikan foto behind the scene kebersamaannya dengan Jimin melalui weverse.

Vante Photograph

10. Mekarnya Pohon "Spring Day"

Jadi, pas mereka live di tv nyanyiin Stay Gold buat pertama kalinya, ada pohon yang mirip banget sama pohon di MV Spring Day. Bedanya, pohon yang di Stay Gold ini udah mekar, berbunga-bunga gitu.

Jadi sepatu yang dilukis Jimin ini merupakan spoiler perilisan Stay Gold
Jadi sepatu yang dilukis Jimin ini spoiler, guys!

Nah, hubungannya Stay Gold sama Spring Day apa? Tentu saja ada, yorobun!

Spring Day tuh salah satu lagu kesukaannya Army. Gue rasa direktur kreatifnya ngerti hal itu. Berkali-kali juga member Bangtan selalu bilang kalau Spring Day ini nggak ada matinya, karena selalu masuk chart. Bisa dibilang, Spring Day adalah The Queen of BTS's Song

Itulah kenapa pohon yang ada di Spring Day kembali ditampilkan. Mungkin, Bangtan pengin Army kembali merasakan suasana Spring Day di lagu Stay Gold. Atau Bangtan ingin ngasih hadiah ke Army dengan bikin karya yang mirip sama Spring Day.

Tapi, karena Stay Gold punya makna cerah, jadilah pohon itu dibikin mekar. Nggak lagi kering kayak di Spring Day.

Spring Day (kiri), Stay Gold (kanan)
Spring Day (kiri), Stay Gold (kanan)

11. MV Stay Gold tidak dirilis di Channel Universal Music Japan

Biasanya setiap kali mengeluarkan single berbahasa Jepang, Big Hit selalu merilis MV-nya di Channel UMJ (Universal Music Japan) atau BTS Japan Official. Tapi kali ini, seperti pengumuman yang mereka buat, MV Stay Gold dirilis di Channel Big Hit Labels, kemudian akan diadakan premier dan countdown selama 1 menit sebelum perilisan.

Announcement for Stay Gold Official Music Video
Announcement dari Big Hit 

Stay Gold rilis di Channel Big Hit Labels
Stay Gold rilis di Channel Big Hit Labels

MV For You rilis di Channel BTS JAPAN OFFICIAL
MV For You rilis di Channel BTS JAPAN OFFICIAL

MV Lights rilis di Channel UNIVERSAL MUSIC JAPAN
MV Lights rilis di Channel UNIVERSAL MUSIC JAPAN

MV Blood, Sweat, and Tears Japanese Version rilis di  Channel UNIVERSAL MUSIC JAPAN
MV Blood, Sweat, and Tears Japanese Version rilis di Channel UNIVERSAL MUSIC JAPAN


❤ ❤ ❤ ❤ ❤ ❤ ❤



Oya, gue punya saran! kalau kalian beneran pengin menikmati lagu atau MV-nya Bangtan, lebih baik nggak usah mikirin teori, atau nggak usah nyambung-nyambungin sama scene MV yang lain. Karena Stay Gold ini menurut gue punya alur cerita MV yang nggak maksa, udah ala MV-MV musik yang lain. Meskipun kalau kita pengin mikirin juga pasti ada aja teorinya. Haha 

Stay Gold menurut gue juga bagus banget buat direkomendasikan ke temen kalian yang belum ngerti Bangtan. Selain lagunya enak didengerin, MV-nya juga bagus banget. Big Hit dan Bangtan udah kerja keras buat bikin karya ini. Jadi jangan lupa streaming juga!!!

Gue juga mau ngomong, nggak usah terlalu mikirin tentang Jimin yang sendirian di dalam bus, dan yang lainnya pada sendirian di dalam rumah. Soalnya kan Jimin emang nggak betah di rumah, jadi wajar aja lihatnya *bercanda, guys. Hehe!*

Intinya MV Stay Gold beneran menjelaskan lirik lagunya. Set awal merupakan terjemahan dari, "in a world where you feel cold". Dan set akhir merupakan terjemahan dari, "you gotta stay gold, baby."


❤ ❤ ❤ ❤ ❤ ❤ ❤



Jadi gitu makna tiap adegan, barang, tempat-tempat dan fakta menarik yang bisa gue share di MV Stay Gold ini. Semisal ada yang kurang, boleh nambahin di kolom komentar, ya!

2 Comments

  1. Halo Cika, salam kenal yaa (:

    Aselikk, bukan Bangtan namanya kalo nggak nyelipin teori-teori dan makna tersirat dalam MV mereka. Sebenarnya waktu nonton MV ini pertama kali, udah nebak-nebak bakal ada teori sambungan dari BU, khususnya Fake Love (entah kenapa scene gelapnya keinget Fake Love era). Tapi seperti biasa, otak Armyku mah cetek soal ginian, makanya ini mind blown banget baca penjelasan dari kamu. Bahkan aku baru tau soal baju Yoongi di MV Shadow lho, ternyata itu plat nomor motor dia dulu 😱

    Thank youuu so much untuk ulasannya! Stay Gold memang Spring Day vibe sekali sih yaa hihi tapi lagunya sendiri punya makna yang sweet 💜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo!
      Wah, ketemu ARMY lagi! Nggak nyangka banget bisa ketemu banyak ARMY lewat blog 😁

      ARMY emang parah sih kalau soal teori. Apa-apa dipikirin gitu, overthinking banget fandom kita, Mbak. Sampai anak-anak Bangtan tuh penasaran dan beneran nungguin teori-teori apa lagi yang bakalan dibikin ARMY 🤣

      Spring Day emang nggak ada matinya *sungkem dulu sama Queen 🙇‍♀️*
      Ntar Dynamite rilis, Queen ikutan naik juga kayaknya... haha

      Btw, makasih udah mampir. Salam kenal juga ya, Mbak! 💜

      Delete

About | Contact Us | Privacy Policy | Disclaimer | Sitemap