[Makna Musik Video] ON by BTS (Part 2.2) -->

[Makna Musik Video] ON by BTS (Part 2.2)

ON

[Official Music Video]


Sebelum baca ini, pastikan kamu udah baca makna MV ON part 2.1, ya!

PART 2.2
3. Teori Ketiga
Scene Jimin bersama anak laki-laki yang memegang drum ini berhasil mencuri perhatian. Banyak Army beranggapan kalo anak kecil itu representasi dari awal terjadinya peperangan. Jadi biasanya, para tentara menggunakan drum sebagai sinyal ketika akan berperang. 

Jimin di MV ON
Jimin and Drum Boy

Jimin digambarkan sedang bersiap untuk memulai peperangan itu. Tentu saja bukan perang di medan pertempuran ya. Tapi lebih ke arah perang melawan inner world dalam dirinya sendiri. Sehingga pada akhirnya ia bisa mengalahkan bayangan yang selalu menghantui hari-harinya. Army mengibaratkan Jimin sebagai "self expression" karena hal itu.

Oya, ada hal lainnya yang bikin gue salah fokus, yaitu baju yang dipake sama adik pemegang drum. Di situ jelas bisa kita lihat adik itu memakai piyama bergaris. Piyama itu mengingatkan kita dengan anak kecil di film "The Boy in The Striped Pajamas"

The Boy in the Striped Pajamas

Kalau udah pernah nonton filmnya pasti tau Shmuel. Seorang anak berdarah Yahudi yang menyedihkan, yang kemudian bersahabat dengan Bruno, anak dari kolonel tentara Nazi.

Keduanya pertama kali bertemu di balik pagar berduri. Shmuel berada di balik pagar itu menggunakan baju seragam garis-garis. Sedikit penjelasan di atas pasti udah bisa ngasih gambaran tentang gimana sedihnya film itu. Gue sendiri sebenernya belum nonton filmnya. Tapi, gue baca sinopsis filmnya. Dan jujur, gue merinding pas baca sinopsisnya.

Terus apa hubungannya sama musik videonya Bangtan? Kalau menurut gue sih ada. Karena Shmuel di sini kan jadi anak yang terpenjara. Tentu aja ketika jiwa kita terpenjara akan sesuatu, pasti rasanya juga nggak nyaman.

Nah, Shmuel bisa jadi penggambaran tentang hal itu. Bisa diibaratkan kalau Shmuel ini member Bangtan yang sedang terpenjara. Karena selalu dihantui oleh bayangan, terpenjara karena omongan orang, terpenjara karena tidak bisa hidup bebas layaknya manusia lain. Gitu...


4. Teori Keempat 
Pas lihat scene Taehyung sama gadis kecil di sebelahnya, gue langsung ingat sama MV Make it Right yang animasi. Apalagi pas Taehyung buka mata gadis itu sambil berlutut. Scene itu relate nggak sih menurut kalian sama MV Make it Right? Di MV Make it Right kan yang cowok rambutnya ikal-ikal gitu kan, kayak rambutnya Taehyung. Sedangkan yang cewek rambutnya pirang, sama kayak gadis itu. Gue juga dari awal mikir, kalo Taehyung itu menggambarkan member Bangtan, sedangkan gadis kecil itu menggambarkan Army.

MV Make It Right
MV Make it Right Animasi 

Tapi ternyata, ada teori lain yang membahas scene Taehyung ini. Salah satunya adalah Taehyung merupakan representasi dari Jesus. Posisi tidur Taehyung yang menyerupai salib Jesus menjadi salah satu alasan kenapa teori ini muncul.

Kemudian ada seorang gadis menggunakan penutup mata di sebelahnya. Dan nama gadis itu adalah Lena. Dalam bible sendiri, nama yang tertulis adalah Mary Magdalene. Jadi, Mary Magdalene ini adalah pengikut setia Jesus. Dimana dialah orang pertama yang melihat Jesus dibangkitkan setelah meninggal.

Taehyung dan Lena
Taehyung and Lena

Di scene ini, Taehyung merepresentasikan harapan yang menjadi nyata. Taehyung posisinya seperti sedang disalib, kemudian terbangun dan membuka mata gadis di sebelahnya. Gadis itu bahkan sekalipun belum pernah melihat wajah Taehyung, tapi dia tetap setia berada di samping Taehyung hingga ia terbangun. 

Hal itu juga sesuai sama lirik yang dinyanyiin Taehyung di bagian awal. Ketika dia membuka mata, tiba-tiba saja udah ada di Paris, New York. Kayak nggak nyangka aja gitu. Yang awalnya cuma berharap, tapi bisa jadi kenyataan.

Kalau kata Army, Taehyung di sini berperan sebagai pelindungnya kaum muda, "Taehyung is protecting young people", ya karena ada Lena di sebelahnya ketika ia terbangun. Lena ini representasi dari anak muda itu.


5. Teori Kelima
Banyak ARMY yang percaya kalau scene Namjoon bersama hewan-hewan, merupakan gambaran dari kisah Nabi Nuh. Dalam cerita di kitab agama-agama Abrahamik dikisahkan tentang kapal raksasa dan air bah. Dimana Nabi Nuh membuat kapal raksasa, kemudian di dalamnya ditampung berbagai macam jenis binatang. Dan Nabi Nuh selamat dari bencana air bah itu karena menuruti apapun yang dikatakan Tuhan.

Namjoon di MV ON
Namjoon and Animals

Selama pembuatan kapal raksasa itu, tak sedikit yang menertawakan apa yang dilakukan Nabi Nuh. Dan tak sedikit pula orang yang berbuat jahat pada Nabi Nuh. 


Kejadian itu seketika ngingetin gue sama perjuangan BTS pas awal meniti karir. Banyak banget orang yang menghina dan nggak percaya sama kemampuan mereka. Sampai akhirnya BTS mampu membuktikan semua hal, khususnya kemampuan bermusik mereka.

Mimpi-mimpi mereka akhirnya satu-persatu mulai terwujud. Bahkan kini menjadi musisi yang suaranya banyak didengar. Menginfluence banyak orang untuk nggak takut bermimpi dan mencintai diri sendiri.

Anyway, yang mau ditunjukkan scene ini bukan bagian yang gue jelasin di atas. Tapi, lebih ke bagian setelah kejadian air bah itu berakhir. Air bah diibaratkan sebagai kekacauan yang sedang melanda pikiran dan hati member Bangtan. Tapi selepas itu, mereka selamat dari kekacauan karena berhasil mengenali diri mereka.

Scene Namjoon ini juga menjadi tanda berakhirnya proses menemukan jati diri. Kemudian mereka (member Bangtan) menuju sebuah dunia baru dengan aktualisasi diri yang juga baru.  
   
Oya, ada juga yang bilang kalau scene Namjoon bersama hewan ini merupakan peringatan, bahwa manusia juga harus berdampingan dengan hewan. Namjoon diibaratkan sebagai manusia yang ingin menjaga hewan di dunia ini agar tidak punah. 


6. Teori Keenam
Adegan dimana Jin membawa kembali merpati yang telah mati ke ruangannya. Ruangannya penuh dengan sangkar kosong, mungkin sebagian merpati yang ada di ruangan itu juga telah mati.

Tiba-tiba saja kejadian tak terduga terjadi. Merpati mati yang ia bawa tadi kembali hidup. Bahkan sangkar di hadapannya mulai bergerak. 


Adegan ajaib itu juga punya makna. BTS ingin menunjukkan bahwa hal itu hanya bisa terjadi di saat kita kehilangan semua kedamaian. Kemudian pikiran kita akan berhadapan langsung dengan bayangan diri kita. Dan di saat itu pula, kita akan benar-benar berjuang untuk mendapatkan kedamaian diri yang abadi.
 

7. Teori Ketujuh
Scene selanjutnya adalah ketika Jungkook pingsan di hutan, terus hutan itu berubah jadi padang rumput yang luas. Di situlah set untuk Hoseok dibuat. Scene itu merupakan representasi dari matinya jiwa seseorang. Tetapi, jiwa (inner world) lainnya kembali hidup membayangi jiwa yang mati tadi.

Seperti teori yang dikemukakan oleh Jung, dia berkata bahwa perubahan paling dasar dari kejiwaan seseorang seharusnya punya kemampuan untuk memperbaiki kualitas kehidupan. Karena pada dasarnya, matinya jiwa seseorang adalah segala pemikiran yang menjurus ke kesadaran bahwa dirinya tidak punya apapun.

JHope di MV ON
Jhope dan jiwa barunya

Jhope pada intinya adalah representasi diri yang tersisa dari matinya jiwa seseorang. Makanya kan dia satu-satunya member yang pake baju modern, karena dia gambaran seseorang dari masa depan. Bahkan dia nggak sedikitpun nengok ke arah Jungkook. Karena jiwa yang mati itu telah ia ubah menjadi individu baru yang mampu menerima semua kesakitan.

Banyak Army yang menganggap bahwa Jhope juga berperan sebagai orang yang melawan rusaknya lingkungan di sekitarnya.


8. Teori Kedelapan
Scene selanjutnya memperlihatkan Suga yang tengah berada di kuil. Dia tidak sendirian, karena di kedua sisinya terdapat beberapa orang yang berdiri sambil memegang lilin. Suasana yang dibangun pun terkesan lebih religius. Mungkin karena settingnya di kuil.

Suga di MV ON BTS
Suga dan  teori keseimbangan

Konsep kayak gitu bikin kalian penasaran nggak sih? 
Setelah gue cari tau, scene Suga memang berhubungan sama refleksi diri menggunakan nilai-nilai spiritual.

Fokus scene yang ingin dijelaskan adalah tentang keseimbangan. Dan seperti yang kita tahu, ketika berbicara tentang keseimbangan, kita pasti ingat juga sama elemen-elemen yang mengatur keseimbangan itu. Ada tanah, air, api, dan udara.

Konsep tentang keseimbangan itu pada dasarnya berbicara tentang antisipasi adanya kelahiran lainnya (rebirth). Di musik videonya kita bisa lihat beberapa warna yang menyatu. Tapi bila diamati lagi, warna itu bisa kita lihat masing-masing, alias setiap warna nggak saling mendominasi. Kita bisa melihat warna hitam, putih, kuning, dan merah secara bersamaan. Hal-hal itu merupakan representasi dari 4 elemen sesuai teori alchemy.

Alchemy sendiri adalah filosofi yang berfokus pada kebiasaan dengan nilai-nilai kehidupan yang sempurna. Nilai yang dimaksud adalah perpaduan berbagai ilmu di dunia. Mulai dari ilmu kimia, fisika, astrologi, seni, semiotika, metalurgi, kedokteran, sihir, dan agama. 

Konsep alchemy ini sesuai dengan apa yang dikatakan Carl Jung. Dia mengatakan bahwa tahap refleksi diri dan spiritual adalah proses menjadi seorang individu. Inilah tahapan akhir dari proses pencarian jati diri (map of the soul). Dan wujud penghargaan jika telah sampai di titik ini adalah dengan mendapatkan keseimbangan diri. Seolah bisa menjadi manusia yang terlahir kembali.

Di alchemy theory ada beberapa warna yang tadi gue sebutin kan? Nah, warna-warna itu punya makna masing-masing. Hitam punya arti matinya jiwa seseorang, putih punya arti pemurnian, kuning punya arti terbangun, dan merah adalah simbol dari kesuksesan. Proses-proses itu sifatnya permanen. Seperti seorang individu, jika telah berada di titik ini, maka tidak akan pernah bisa kembali ke titik sebelumnya. 

Kalau gue pikirin lagi, hal itu sesuai sama VCR mereka pas perform di MAMA tahun 2019, "Future Meets Past: Calling, Past Meets Present: World, Present Meets Future: Eternal Journey". Narasi itu seolah-olah mau nunjukin kalau mereka udah di titik akhir pencarian jati diri. Dan mereka nggak akan pernah mungkin balik ke masa lalu lagi. Intinya, mereka bicara kalau telah terlahir kembali. Dengan jiwa yang lebih utuh dan dengan lingkungan baru yang lebih baik.

FYI, ternyata dari tahun 2018 pun sebenernya Army udah dikasih spoiler tentang lagu ON ini. Cuman nggak ada yang sadar hehehe. Suga jelas-jelas merekomendasikan sebuah buku yang sedang ia baca berjudul "The Alchemist". Ya meskipun belum tau lagunya kayak apa, tapi paling nggak bisa ngira-ngira. Kira-kira makna yang pengin Bangtan sampaikan di lagu ini apa. Dan ternyata kan emang bener, Suga pake buku itu buat jadi inspirasinya nulis lagu.

The Alchemist ini pernah direkomendasikan Suga
buat jadi list buku bacaan Army


9. Teori Kesembilan
Balik lagi ke MV ON. Mulai dari scene Taehyung yang membuka penutup mata gadis di sebelahnya, terus tembok di depan mereka berdua mulai terbuka. Terus lanjut ke scene anak kecil yang bersama Jimin, ia juga memukul drum setelahnya. Hal itu merupakan tanda bahwa tantangan baru sudah dimulai dengan pribadi baru yang lebih baik (rebirth).


Selain itu ada scene Jungkook yang kembali hidup, lalu berjalan ke tengah sungai. Apa yang dilakukan Jungkook itu diasumsikan ada dalam Bible. Dimana hal itu merupakan prosesi seseorang yang baru saja dilahirkan kembali "Rite of Baptism". Prosesi itu punya arti pembaharuan dan pemurnian jiwa. Terus di scene ini sesuai banget sama lirik yang dinyanyiin Jungkook. Dia bilang kalau udah bisa menerima semua hal tentang dirinya sendiri.

Seperti yang bisa kita lihat, pas Jungkook masukin tangannya ke dalam air, tiba-tiba aja duri yang membelit tangannya telah berubah menjadi kerang. Scene ini mengambil referensi dari ritual budaya Hindu. Kerang yang dipegang Jungkook bernama Shankha. Shankha merupakan simbol dari kelahiran kembali dan kekuatan. 

Shankha

Meniup kerang dapat diartikan sebagai simbol bahwa mereka telah menerima takdir, dengan memeluk bayangan dan juga semua rasa sakit. Makanya kan scene setelah Jungkook meniup kerang, semua keadaan tiba-tiba berubah. Mulai dari langit yang menggelap, lalu gunung-gunung mulai mengeluarkan lava. Hal ini merupakan simbol dari bayangan yang berusaha menguasai diri kita secara keseluruhan. 

Setelah adegan yang dark dan penuh kekacauan itu, semua member berdiri di depan sebuah tembok yang sudah terbuka. Diikuti pula dengan beberapa orang di belakangnya. Hal itu merupakan penggambaran bahwa mereka semua telah menjadi individu yang menerima segala takdir, dan juga berusaha merangkul semua kesakitan.




Kurang lebih kayak gitu sih teori yang gue dapet dari MV ON BTS. Dan kebanyakan emang ngambil dari bible dan teorinya Carl Jung.


Kalau menurut kalian teori mana nih yang paling masuk akal? Komen di bawah, ya!


Oh ya, baca juga makna MV ON part 1 dan makna lagu ON biar makin paham. Hahaha


Btw, you can watch the music video here

0 Comments

About | Contact Us | Privacy Policy | Disclaimer | Sitemap